Cara Membuat CV Atau Curriculum Vitae - tipdantrik

Cara Membuat CV Atau Curriculum Vitae

Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang CV/Curriculum Vitae :

Apa yang dimaksud dengan CV dalam lamaran kerja ?
Apa itu CV atau Curriculum Vitae ?
Apa yang dimaksud Curriculum Vitae ?

Curriculum Vitae/CV/Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang menguraikan tentang riwayat hidup dengan lebih detail lagi mulai dari data pribadi, photo, sekolah, skill/kemampuan, serta hal lain yang bisa memberikan gambaran jelas tentang anda.
cara membuat cv curriculum vitae

Secara prosedur CV merupakan hal wajib yang harus dibuat dan dilampirkan sebagai pelengkap yang memberikan penjelasan tentang anda sebagai pelamar kerja.

Dalam pembuatan anda harus membuat dengan sejujur-jujurnya sesuai dengan data diri dan segala hal yang memang benar-benar di kuasai sehingga bisa dipertanggung jawabkan baik ketika wawancara/interview, tes kemampuan maupun sesudah diterima.

Pembuatan Curriculum Vitae tidak perlu harus menggunakan gaya yang berlebihan cukup menggunakan setup yang biasa saja karena tidak semua perusahaan khusus HRD menyukai dan berorientasi dengan CV yang penuh dengan gaya malah sebaliknya akan membuat kesan yang kurang baik karena poin utama dari sebuah CV adalah data bukan tampilan layout.

Dari pengalaman pribadi, saya pernah menggunakan CV dengan layout yang keren penuh dengan design warna-warni dan kebetulan saya akan interview dengan sebuah perusahaan dari Jakarta yang datang langsung ke kota saya namun apa yang terjadi CV yang saya gunakan dengan desain super keren malah menjadi senjata makan tuan yang memberikan kesan kurang baik. Jadi saran saya gunakan CV yang standar/yang biasa-biasa saja.

Bukan tidak boleh menggunakan design Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae yang keren namun harus disesuaikan dengan perusahaan yang akan dilamar.

Standar yang harus diperhatikan dalam membuat Curriculum Vitae/CV sebagai berikut :

Data Pribadi
Dibagian ini anda harus mengisi dengan data pribadi yang bisa disesuaikan dengan data kependudukan seperti E-KTP, Kartu keluarga atau SIM (surat izin mengemudi) dan disertai dengan kontak yang masih aktif, bisa dihubungi seperti nomor telepon baik telepon rumah maupun nomor ponsel, E-Mail.

Jika anda sedang tinggal diluar daerah bisa menambahkan data alamat sementara dan alamat asli jadi alamat yang tertera di dalam data pribadi menjadi 2 yaitu alamat asli dan alamat sementara.

Untuk masalah foto anda bisa menggunakan photo maupun tidak tinggal disesuaikan saja namun kalau berpedoman secara formalitas lebih baik menggunakan foto biar lebih formal.

Pendidikan Formal
Jenjang pendidikan yang pernah anda tempuh disertai tahun masuk dan lulus. Contoh penulisan, SDN 1 Suka Cita (1995-2001) atau bisa juga dengan mendahulukan tahun baru nama sekolah contoh (1996-2000) SDN 1 Tipdantrik.

Pendidikan Non Formal
Ini kebalikan dari pendidikan formal yaitu pendidikan yang didapatkan dari kursus misalnya anda pernah kursus bahasa Inggris, dasar-dasar komputer (Microsoft office word dan excel).

Bagaimana kalau tidak punya atau tidak pernah kursus ?, Jika tidak punya atau tidak pernah kursus bagian ini tidak perlu dimasukkan dalam CV.

Pengalaman Kerja
Bagian ini bisa dimasukkan kalau memang pernah berkerja atau mempunyai pengalaman kerja dan jika pernah bekerja lebih dari satu bisa di masukkan.

Untuk fresh graduate/lulusan baru bisa mengisi dengan pengalaman praktek kerja.

Kemampuan Dan Keahlian
Isi dengan kemampuan dan keahlian yang anda bisa baik softskill maupun kemampuan lainnya yang bisa menjual dan memberikan nilai lebih dari yang lain.


Berikut contoh format penulisan CV/Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup yang bisa digunakan sebagai acuan untuk membuat CV pada Microsoft Office Word. Silahkan anda copy jika ada bagian yang masih kurang tinggal ditambahkan seperti hobi, data pendidikan, pendidikan non formal dan pengalaman kerja.

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama                  : 
Tempat, Tanggal Lahir : 
Jenis Kelamin         : 
Agama                 : 
Alamat                : 
Handphone             : 
Status                : 
E-Mail                : 

DATA PENDIDIKAN

Sekolah dasar : 
SMP / MTS     : 
SMK           : 

KEMAMPUAN

Informasi Teknologi : MS Office ( Word, Excel )

Buatlah daftar riwayat hidup dengan sejujur-jujurnya tidak usah malu tulis saja dengan apa adanya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki karena jujur merupakan kunci utama dalam membangun sebuah kepercayaan.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel