Susunan Dan Urutan Warna Kabel Straight Dan Cross - tipdantrik

Susunan Dan Urutan Warna Kabel Straight Dan Cross

Lokal area network (LAN) merupakan kumpulan dari beberapa komputer yang terhubung melalui sebuah kabel yang di sebut kabel UTP.  Dengan terhubungnya kumpulan komputer, laptop, server, printer, dan perangkat lainnya.  

memungkinkan antara perangkat satu dengan yang lain bisa melakukan berbagai tugas dan fungsi secara bersamaan baik secara personal maupun secara bersama.

Contoh :
1. Dengan koneksi jaringan LAN memungkinkan beberapa unit komputer mengerjakan satu file secara bersamaan seperti Microsoft Excel. Jadi, dalam satu sheet Excel akan di kerjakan oleh beberapa orang atau user baik secara bersamaan maupun tidak.
2. Berbagi data atau sharing, baik dari server ke PC ataupun dari PC ke server.
Susunan Dan Urutan Warna Kabel Straight Dan Cross
Jadi, dengan adanya jaringan network akan memberikan berbagai kemudahan, keuntungan dan manfaat yang sangat banyak dan sangat bagus buat suatu perusahaan, instansi, dan lembaga lain dalam membangun sebuah kinerja yang lebih baik, efisien dan efektif.

Dalam infrastruktur sebuah jaringan baik Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network (WAN) mempunyai bahan utama yang sangat penting dan harus ada, salah satunya adalah Kabel UTP / Cabel UTP.

Kabel UTP mempunyai isi sebanyak 6 atau 3 pasang dengan warna sebagai berikut:
1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Hijau
5. Putih Biru
6. Biru
7. Putih Coklat
8. Coklat

Sehingga kabel UTP di bagi berdasarkan jenis menjadi dua :

Kabel Straight
Kabel straight (lurus), merupakan jenis kabel untuk menghubungkan lebih dari satu komputer sampai dengan jumlah yang banyak dan jenis ini merupakan jenis kabel yang paling umum di gunakan dalam membangun sebuah infrastruktur jaringan.

Susunan warna kabel straight antara ujung satu dengan ujung yang lain harus sama. Untuk itu, berikut susunan standar antara kedua ujung kabel straight :
1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

Ingat, kalau jenis kabel straight urutan warna ke dua ujungnya sama.

Kabel Crossover (Cross)
Bisanya jenis ini hanya untuk menghubungkan satu sampai dua perangkat dan jenis ini jarang di gunakan biasanya hanya di gunakan untuk melakukan percobaan itupun dalam konsep tertentu.

Sedangkan jenis cross susunan urutan warna antara ujung satu dengan ujung yang kedua tidak sama.

Ujung kabel pertama
1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

Sedangkan untuk ujung kabel kedua susunan warna sebagai berikut.
1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange
4. Biru
5. Putih Biru
6. Orange
7. Putih Coklat
8. Coklat


Tips ketika melakukan pemasangan kabel dengan konektor RJ45 yang harus di perhatikan adalah usahakan untuk kulit kabel sampe ikut masuk ke dalam konektor dan perhatikan secara teliti apakah semua pin sudah kelihatan dan sejajar, jika sudah baru melakukan krimping sampai terdengar bunyi "krik" sebagai tanda bahwa proses krimping telah berhasil dengan sempurna.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel