Kelebihan Dan Keuntungan Google Search Console Webmaster Yang Baru - tipdantrik

Kelebihan Dan Keuntungan Google Search Console Webmaster Yang Baru

Google webmaster tool telah mengalami pembaharuan dan perubahan mulai dari layout design, tata letak, lebih user friendly atau lebih mudah digunakan dan masih banyak lagi.

Versi baru ini masih dalam tahap penyempurnaan karena masih banyak fitur yang belum ada sehingga masih disebut dengan versi beta.

Untuk mengakses dan membuka WMT yang baru bisa dilakukan melalui webmaster yang lama, pada bagian dashboard sebelah kiri tepatnya dibagian menu paling atas terdapat link yang menuju webmaster baru. Jadi, jika ingin menggunakan tinggal klik link tersebut.

Ada hal yang begitu menarik ketika saya mencoba menggunakan WMT yang baru yaitu kita bisa melihat detail dari URL yang dicekal oleh robot dengan berbagai detail penjelasan mulai dari alamat url serta pilihan tindakan yang bisa diambil untuk mencegah pencekelan.

Sedangkan pada versi lama hanya terdapat total dari URL yang dicekal tanpa bisa melihat rincian URL yang telah dicekal oleh robot, tidak terindek dan tidak di crawl.

Berikut kelebihan dan keuntungan dari Search Console baru:

1. Inspeksi URL
Fitur ini berfungsi untuk menjelaskan apakah URL bisa tampil dan muncul di google pencarian atau tidak. Jadi, anda bisa melakukan pengecekan dengan cara memasukkan alamat URL setelah itu akan di lakukan pengambilan data.
Jika data sudah ada dan tidak terdapat masalah maka akan muncul pemberitahuan bahwa URL ada di Google.

Berikut penjelasan dari google yang saya kutif dari Support Google bahwa :

URL berada di Google
  • Artinya: URL telah diindeks, dapat muncul di hasil Google Penelusuran, dan tidak ditemukan masalah dengan penyempurnaan yang ditemukan di halaman (data terstruktur, halaman AMP yang ditautkan, dan lainnya).
  • Yang harus dilakukan selanjutnya: Biasanya tidak ada, meskipun Anda dapat mencari tahu hal yang diketahui Google tentang halaman Anda dengan melihat detail cakupan indeks atau bagian penyempurnaan.
URL berada di Google, namun mengalami masalah
  • Artinya: URL telah diindeks dan dapat muncul di hasil Google Penelusuran, tetapi ada beberapa masalah yang mungkin membuatnya tidak dapat muncul dengan penyempurnaan yang Anda terapkan pada halaman. Hal ini bisa jadi karena ada masalah dengan halaman AMP terkait, atau data terstruktur yang salah untuk hasil kaya (seperti resep atau lowongan pekerjaan) di halaman.
  • Yang harus dilakukan selanjutnya: Baca peringatan atau informasi error dalam laporan, lalu coba perbaiki masalah yang dijelaskan
untuk lebih detail lagi silahkan merujuk pada support google karena masih banyak lagi penjelasan yang lebih detail dan terperinci sehingga akan lebih mempermudah dalam menganalisa segala sebab jika terjadi hal-hal yang anda rasa tidak sesuai dengan URL yang anda kirim.


2. Cakupan Indeks
kelebihan yang akan di dapatkan pada cakupan indeks ini adalah penjelasan yang lebih detail khususnya pada indeks yang dikecualikan. jadi, kita bisa melihat alasan pengecualian, status validasi dan halaman.

selain itu, setelah anda mempelajari status pengecualian pada halaman tertentu, anda akan tahu bahwa hasil tersebut merupakan hasil dari pengaturan yang telah di lakukan pada blog seperti Robots, Meta Tags dan setingan pada blog (pencegahan pencarian Archive, Label dll).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelebihan Dan Keuntungan Google Search Console Webmaster Yang Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel