Cara Membuat Freeze Panes Excel - tipdantrik

Cara Membuat Freeze Panes Excel

Freeze Panes merupakan salah satu tools yang terdapat di Ms. Excel untuk memberikan kemudahan dalam membuat kolom dan baris menjadi diam tidak bergerak ketika di scroll baik ke bawah maupun ke atas.

Freeze panes akan sangat berguna ketika bekerja menggunakan data yang banyak sehingga tidak perlu scroll ke atas untuk melihat bagian judul kolom.

Bagi anda yang sudah sering bekerja menggunakan Microsoft Office Excel pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur ini, tapi yang sering membuat bingung adalah ketika harus membuat freeze panes dengan kolom atau baris yang lebih dari satu. Banyak yang keringat dingin gara-gara tidak bisa menempatkan garis freeze panes sesuai dengan keinginan.

Contoh memberi freeze panes untuk baris 3 atau ke 4, walaupun baris sudah di select atau di tunjuk biasanya freeze panes akan tetap pada baris 1.

Penyebab freeze panes tidak bisa menyeleksi bagian yang di inginkan karena kurangnya pemahaman tentang bagaimana freeze panes bekerja sesuai dengan kondisi. Intinya masih kurang mengerti dan paham.

Untuk itu, tipdantrik akan mencoba memberikan sebuah penjelasan tentang Bagaimana Menggunakan Freeze Panes Excel dengan baik dan benar sehingga bisa menyesuaikan dengan segala kondisi masalah.

Contoh Kasus
Bagaimana membuat Freeze Panes pada baris 10 ?.

Jawab
Pertama : Buka ms. Exel
Kedua : setelah itu, klil baris nomor 11 atau bisa juga klik Cell A11
Cara Menggunakan Freeze Panes Excel
Ketiga : pada Ribbon menu pilih Tab ViewàFreeze Panesàklik Freeze Panes
Cara Menggunakan Freeze Panes Excel

maka secara otomatis baris nomor 10 tidak akan bergerak ketika melakukan scroll baik ke atas maupun ke bawah.
Cara MembuatFreeze Panes Excel
Hasil Akhir Freeze Panes

Catatan 
Setiap baris atau kolom yang mau di Freeze Panes harus memilih baris atau kolom di bawah atau di depan dan selalu gunakan freeze panes yang pertama karena freeze panes memberikan pilihan sebanyak tiga antara lain freeze panes, freeze top row, dan freeze first colomn.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel