Beberapa Istilah Teknologi Dan Pengertiannya - tipdantrik

Beberapa Istilah Teknologi Dan Pengertiannya

Vcard
   Vcard adalah nama teknologi kartu nama elektronik yang dapat dipertukarkan secara cepat. Layaknya sebuah kartu nama biasa, vCard berisi data diri dari pemegang kartu nama, seperti nama, alamat, nomor telepon, E-Mail dan URL home page. Informasi lainnya juga dapat ditumpangkan ke dalam vCard, misalnya gambar dan suara. Untuk mempertukarkan vCard, banyak cara yang dipakai, mulai dari komunikasi infra merah (IrDA), Bluetooth,  pengiriman E-Mail, aplikasi komputer/telepon, dan aplikasi konferensi video.

XSL (Extensible Stylesheet Language)
    XSL (Extensible Stylesheet Language) adalah bahasa yang dipakai untuk membuat style sheet yang menjelaskan bagaimana data yang dikirimkan melalui web menggunakan XML (Extensible Markup Language), ditampilkan kepada pengguna. Sebagai contoh, dalam sebuah halaman XML yang menjelaskan karakteristik dari satu atau beberapa mobil bagi sebuah perusahaan asuransi, sekumpulan tag mungkin berisi nama dari merek mobil. Menggunakan XSL, browser web dapat diberitahukan untuk menampilkan merek mobil tadi dan harus dicetak dengan huruf tebal. XSL dibuat dan dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) berdasarkan standar DSSSL (Document Style Semantics and Specification Language) dan CSSI (Cascading Style Sheet level 1).

Watermark
    Watermark (tanda air) adalah sebuah simbol atau tanda pengenal yang disembunyikan secara elektronik pada data, misalnya file gambar JPEG, dengan tujuan untuk menjaga data dari penyalahgunaan dan penyebaran yang tidak diijinkan. Penyembunyian data ini sepintas tidak akan terlihat oleh mata biasa, hanya sedikit perubahan akan terlihat pada gambar yang diberikan tanda air.

Shortcut
      Pada sistem operasi windows, shortcut adalah icon/gambar yang terletak di desktop. Gambar ini akan memudahkan pengguna windows untuk menjalankan aplikasi yang sering dipakai dengan cara mengklik gambar tersebut. Icon tersebut merujuk kepada sebuah direktori yang ada pada harddisk atau pada aplikasi program tertentu. Contoh shrotcut yang paling umum adalah My Document dan Internet Explorer. Untuk membuat shortcut, cara termudah adalah dengan mengeser icon aplikasi yang ada di windows explorer menuju desktop.

RDBMS
    RDBMS (Relational Database Management System) adalah aplikasi basis data relasional, yaitu basis data yang menyimpan datanya dalam bentuk tabel relasi. Dengan aplikasi ini, basis data dapat terdiri dari beberapa tabel yang dapat dilihat dan dihubungkan dalam berbagai macam cara. Contoh aplikasi RDBMS adalah semua aplikasi basis data SQL, contohnya MySQL, PostgresSQL, Oracle dan Sybase.

Toolbar 
   Toolbar adalah susunan tombol yang terletak melintang atau membujur pada aplikasi GUI (graphical user interface) pada komputer, yang memudahkan pengguna aplikasi tersebut untuk menjalankan perintah, misalnya menyimpan dokumen ke harddisk atau mencetak dokumen ke printer. Hampir semua aplikasi GUI yang ada sekarang memiliki toolbar untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Password
      Password atau kata sandi adalah urutan karakter yang diminta oleh sebuah sistem komputer untuk mengidentifikasi pengguna yang ingin masuk ke dalam sistem tersebut. Password hanya boleh diketahui oleh pengguna itu sendiri, sehingga tidak dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak berhak untuk masuk ke dalam sistem. Password biasanya terdiri dari 4 sampai 16 karakter, bergantung pada tingkat keamanan sistem. Sistem komputer tidak akan menampilkan karakter password yang sedang dimasukkan untuk mencegah diitipnya password tersebut oleh orang lalin.

UTP (Unshielded Twisted Pair)
    UTP adalah tipe kabel telepon yang paling umum. Benda ini adalah kabel tembaga yang terdiri dari pasangan-pasangan kawat yang dipelintir dengan tujuan mengurangi induksi elektromagnetik di antara pasangan kawat. Kabel UTP dipakai untuk komunikasi telepon analog, digital (ISDN) dan jaringan komputer lokal (LAN) yang dibedakan dengan jumlah pasangan kawat dan jenis konektor yang dipakai. Konektor bagi sambungan telepon analog bernama RJ-21, sementara konektor bagi sambungan LAN bernama RJ-45. UTP juga mempunyai saudara bernama STP (Shielded Twisted Pair) dengan pasangan kawat yang sama seperti UTP, hanya saja memiliki pelindung yang berfungsi sebagai tanah (ground).

IPv6 (Internet Protocol Version 6)
     Ipv6 atau Ipng (IP Next Generation) adalah protokol internet masa depan yang akan menggantikan protokol internet Ipv4 yang sekarang dipakai di jaringan internet. Protokol internet ini berisi metode pengalamatan dan penunjukan rute yang diperlukan untuk mengirimkan data melalui internet. Ipv6 dibuat untuk menanggulangi masalah kehabisan nomor alamat IP (IP address) untuk pertumbuhan jaringan internet di masa depan, kemudahan konfigurasi jaringan, sekuriti dan kualitas layanan jaringan (Quality of Service QoS). Nomor alamat IPv6 memiliki panjang 128 bit, menyediakan jumlah alamat IP yang jauh lebih banyak dibandingkan IPv4 hanya memiliki panjang 32 bit. Sekedar informasi saat ini IPv6 sudah mulai diterapkan walaupun belum sepenuhnya.

Font
     Font adalah kumpulan karakter teks yang dapat dicetak atau ditampilkan di layar dengan ukuran dan gaya yang spesifik. Font dispesifikan dalam nama keluarga (typeface) dan ukuran, contohnya Times New Roman Italic 12-point, di mana Times New Roman Italic adalah typeface dan 12-point menyatakan ukuran karakter. Ada dua jenis font, yaitu outline font dan bitmap font. Outline font adalah font yang memiliki ukuran yang dapat diubah-ubah, sementara bitmap font memiliki ukuran yang terbatas dan tidak dapat diubah-ubah. Contoh outline font yang paling populer adalah True Type font yang tersedia pada sistem operasi windows, linux dan macintosh.

Open Source
     Open source secara umum merujuk kepada semua program yang menyediakan kode asal (sorce code) secara gratis dan dapat dimodifikasi oleh penggunnya secara bebas. Konsep open source dikembangkan oleh beberapa organisasi, contohnya Open Source Initiative (OSI) dan Free Software Foundation (FSF), yang menyatakan bahwa software open source harus didistribusikan tanpa larangan apapun dengan menyertakan kode asal yang boleh dimodifikasi oleh pihak lain. Beberapa aplikasi dan sistem operasi UNIX dikembangkan menggunakan metode open source, contohnya FreeBSD, OpenBSD, NetBSD dan Linux.

Ebook
     Adalah versi elektronik dari buku cetak tradisional yang dibaca menggunakan aplikasi pembaca buku elektronik di komputer pribadi. Ebook didapatkan dengan cara membeli dan mendownloadnya dari situs internet. Ebook memiliki feature pencarian kata, penandaan halaman yang telah dibaca (bookmark), serta pemberian catatan. Ebook paling banyak dibaca menggunakan aplikasi Adobe Ebook Reader dan Microsoft Reader. Tersedia pula perangkat keras pembaca Ebook berukuran kecil yang dapat dibawa-bawa dengan nyaman, sehingga penggunanya dapat membaca ebook kapan saja dan dimana saja.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Beberapa Istilah Teknologi Dan Pengertiannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel