Syarat-Syarat Pembuatan SKCK

SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang di berikan kepada masyarakat yang mengajukan untuk pembuatan SKCK baik untuk keperluan lamaran pekerjaan maupun keperluan lainnya.

Apa sih tujuan dan keuntungan dari membuat SKCK ?, tujuannya adalah untuk memberikan bukti tertulis bahwa yang bersangkutan tidak pernah terlibat dalam masalah hukum apa pun dan ke untungannya adalah akan mempermudah segala urusan anda dalam pengajuan maupun sebagai bukti dan penjelasan bahwa anda tidak pernah terlibat dalam segala hal yang bersangkutan dengan hukum terutama tindak keriminal.

Untuk hari dan jam buka dalam pembuatan SKCK, mulai dari hari senin sampai hari sabtu khusus untuk hari sabtu bukanya setengah hari yaitu dari jam 08:00 sampai dengan jam 12:00 siang. 

Masalah pembuatan, anda bisa langsung mendatangi kapolsek di kota anda tapi sebelum itu silahkan anda perhatikan syarat-syarat dalam pembuatan SKCK sebagai berikut :
  1. Photo copy KK (Kartu Keluarga) sebanyak 2 lembar
  2. Photo copy KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebanyak 2 lembar
  3. Photo ukuran 6x4 dengan latar belakang merah sebanyak 6 lembar


Pada saat anda akan mengurus SKCK anda akan di sodorkan dengan 2 berkas yang harus anda isi, berkas pertama tentang SKCK dan berkas kedua untuk keperluan sidik jari. jika pengisian ke dua dokumen sudah selesai selanjutnya anda akan dibawa untuk pengambilan sidik jari dan tidak tanggung-tanggung sepuluh sidik jari anda akan di abil.

Setelah proses sidik jari selesai, tinggal menunggu pengecekan validasi data untuk mendapatkan kartu sidik jari. baru penyerahan semua dokumen ke bagian pembuatan SKCK, tinggal anda tunggu karena sebelum selesai anda akan di panggil untuk memastikan bahwa SKCK yang anda buat sudah sesuai dengan data-data anda dan tujuan pembuatan SKCK. 

Jika anda sudah menyatakan benar dan tidak terdapat kesalahan baik dalam penulisan nama maupun tujuan maka proses pencetakan SKCK akan di lakukan.

Ketika SKCK sudah selesai ada baiknya untuk anda photo copy minimal 10 lembar selanjutnya  tinggal anda minta legalisir. Gunanya agar ketika anda menggunakan SKCK tindak menyerahkan yang asli tinggal anda gunakan yang photo copy dan terlegalisir jadi statusnya sama dengan yang aslinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat-Syarat Pembuatan SKCK"

Post a Comment