Tips Mengatasi Virus Ransomware WannaCry

Akhir-akhir ini virus ransomware wannacry menjadi sebuah trending topik khusunya di indonesia dengan pesatnya pemberitaan yang di lakukan oleh media elektronik baik tv, radio, koran dan berita online membuat negara dan perusahaan swasta menjadi siaga satu dan tidak banyak instansi pemerintah yang memberhentikan pelayanan ke pada masyarakat karena merasa khawatir akan terkena oleh Ransomware WannaCry.
Cara terbaik untuk mengatasi sebuah virus dan malware seperti Ransomware WannaCry adalah diri anda sendiri. Telitiklah dalam melakukan aktivitas browsing, membuka email dan mengambil data dari server lokal dengan begitu resiko untuk terinfeksi oleh virus dan malware akan berkurang dan lakukanlah langkah-langkah berikut untuk mengurangi resiko terinfeksi oleh virus dan malware :
  1. Perhatikan apa yang anda lihat
    maksudnya dalam melakukan aktivitas membaca email, browsing dan mengambil data di server jika menggunakan server data. Jadi perhatikan dengan teliti sebelum membuka sesuatu seperti email masuk dan usahakan dalam melakukan aktivitas browsing tidak asal browsing. Dengan melakukan hal ini bisa mengurangi kemungkinan untuk tidak terinfeksi oleh virus seperti Ransomware WannaCry
  2. Update anti virus
    hal ini sangat penting anda lakukan, dengan melakukan update antivirus bisa mengurangi resiko terinfeksi oleh virus dan malware walaupun sampai saat ini belum ada anti virus yang mampu melumpuhkan virus rasonware tapi setidaknya bisa membantu anda dalam mendeteksi keberadaan dan hal-hal yang mencurigkan seperti email masuk dan file lainnya.
  3. Berkoordinasi dengan IT
    lakukanlah kordinasi dengan Team IT atau orang yang berpengalaman dalam bidang informasi teknologi, mulai dari pengawasan, backup data, dan langkah-langkah kongkrit lainnya supaya semua sistem berjalan dengan normal tanpa merasa khawatir dan was-was terkena virus dan malware
  4. Backup Data
    lakukan backup data setiap anda selesai bekerja. Backup data bisa anda lakukan dengan sendiri dengan cara menyimpan file dan dokumen pekerjaan anda dalam sebuah flashdisk dan cara ini merupakan salah satu cara untuk membantu team IT anda dan mengurangi lose data yang lebih parah dan besar.
Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan dengan benar, maka anda tidak usah khawatir berlebihan, silahkan anda lakukan pekerjaan seperti  tidak pernah terjadi apa-apa. Ingatlah jika anda menanggapi terlalu berlebihan maka akan berakibat terhadap perkembangan perusahaan dan perusahaan akan mengalami kerugian yang besar. Ini disebabkan oleh rasa was-was yang berlebihan bukan karena virus rasonware ....jadi tetaplah fokus dan serahkan masalah virus dan malware kepada ahlinya yaitu IT (information tehcnology).

Cara terbaik untuk mengatasi virus Ransomware WannaCry adalah dengan melakukan install ulang windows dan melakukan penghapusan data secara permanen dalam dunia IT bisa disebut dengan format data. 

Ransomware WannaCry adalah virus yang menyerang data seperti file word, excel sehingga membuat dokumen berubah menjadi sebuah bahasa enkrip yang tidak bisa di buka dengan word atau excel. Ketika anda membuka file yang telah terinfeksi menggunakan notepad maka isinya adalah pesan yang mengarahkan anda ke sebuah situs untuk melakukan pembayaran atau penebusan data.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips Mengatasi Virus Ransomware WannaCry"