Bagaimana Cara Verifikasi Domain Di Google Webmaster - tipdantrik

Bagaimana Cara Verifikasi Domain Di Google Webmaster

Setelah anda selesai membuat sebuah blog atau website baik menggunakan blogger, wordpress, drupal dan lain sebagainya. Pasti akan melakukan pendaftaran di google webmaster, dengan mendaftarkan sebuah blog dan website maka google webmaster akan memberikan report berupa kesalahan, struktur, index, sitemap, robot dan fasilitas lainnya sehingga anda mengetahui kemajuan dan kekurangan dari blog dan website yang anda punya.

Sebelum melakukan pendaftaran di google webmaster, Perhatikan alamat blog dan website anda, apakah menggunakan http atau https karena keduanya sangat berpengaruh dalam melakukan verifikasi kepemilikan situs.

Jika anda menggunakan blogger maka verifikasinya harus menggunakan meta tag verifikasi yang bisa anda letakkan di antara tag <head> dan </head>, setelah itu anda simpan dan di lanjutkan dengan menekan tombol verifikasi dan setelah itu akan ada pemberitahuan bahwa blog anda telah terverifikasi. Mungkin hal ini adalah hal yang sudah biasa karena sudah banyak para master blog yang membuat tutorial tentang cara verifikasi blog di google webmaster.

Tapi ceritannya akan berbeda jika kita telah menggunakan domain dan telah melakukan direct melalui blogger sehingga blog anda akan beralih sesuai dengan nama domain yang telah anda beli. Selanjutnya adalah melakukan pendaftaran di google webmaster sesuai dengan nama domain anda dan di lanjutkan dengan melakukan verifikasi kepemilikan.

Untuk domain, verfikasinya sangat mudah dan gampang karena anda tinggal memilih jenis verifikasi menggunakan methods domain name provider, untuk lebih jelasnya perhatikan cara berikut ini :
  1. Ketika anda di hadapkan dengan Verification Methods, silahkan anda select atau pilih Domain Name Provider
  2. Selanjutnya di bagian Select Your Domain Registrar or Provider, silahkan anda pilih Other
  3. Klik Add a TXT Record
  4. Sebelum menekan tombol Verify, silahkan copy kode CNAME Label / Host dan CNAME Destination / Target ke notepad.
  5. Selanjutnya silahkan login ke Cpanel untuk mengakses DNS Manager.
  6. Setelah itu lakukan Add New Record atau Add Record untuk menambahkan TXT Record yang telah anda simpan di notepad seperti gambar dibawah ini.
    cara verifikasi domain web tld blog di google webmaster
  7. Setelah itu klik tombol Verify seperti gambar yang terdapat pada nomor tiga.

cara verifikasi domain web tld blog di google webmaster pada blog ini merupakan pengalaman sendiri ketika melakukan verifikasi untuk tipdantrik dan perlu anda catat bahwa setiap hosting domain mempunyai fitur-fitur yang berbeda dalam mengakses DNS Manager, jika terdapat perbedaan ketika melakukan Add New Record pada Cpanel hosting silahkan koordinasi dengan pihak hosting kalian masing-masing dengan cara chatting dengan teknikal support dari penyedia dan tempat anda membeli domain.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bagaimana Cara Verifikasi Domain Di Google Webmaster"

  1. Saya sudah menerapkan enam tahun yang lalu. Caranya memang mudah sekali.Terimakasih.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel