Sebelum Melamar Kerja, Perhatikan 4 Hal Berikut - tipdantrik

Sebelum Melamar Kerja, Perhatikan 4 Hal Berikut

Melamar kerja merupakan sebuah proses untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara mengajukan surat lamaran yang disertai CV (curriculum vitae), photo, photo copy ijazah, photo copy transkrip nilai dan sertifikat lalinnya. Karena semua document tersebut merupakan standarisasi dalam melamar pekerjaan.

Sebelum melamar kerja perhatikan 4 hal berikut ini :

  1. Informasi tentang latar belakang perusahaan
  2. Pekerjaan yang akan dilamar
  3. Spesifikasi yang ditetapkan seperti usia, kualifikasi, pengalaman kerja dan lain-lain
  4. Lokasi perusahaan, produk, prospektifitas ke masa depan dan jumlah karyawan

4 hal di atas harus anda pahami dan cermati supaya tidak salah dalam melamar kerja karena tempat kerja yang baik adalah perusahaan yang mempunyai prospektifitas ke masa depan mulai dari prospektifitas kenaikan gaji, tunjangan, asuransi dan kenaikan jabatan. Dengan adanya prospektifitas akan membut gairah dan semangat kerja menjadi lebih tinggi dan menghasilkan pekerja yang mempunyai royalitas kerja yang tinggi terhadap perusahaan.


Tapi jangan lupa memperhatikan kemampuan kita sendiri karena banyak lowongan pekerjaan yang sesuai dengan background / latar belakang pendidikan yang kita ambil tapi tidak sebanding dengan kemampuan yang kita miliki dan faktor kemampuan kita sendiri akan menjadi faktor utama untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang ideal. Jadi jangan selalu menyalahkan pemerintah yang tidak mampu menyediakan lapangan kerja, pada hal faktor utama yang membuat kita jadi pengangguran adalah kemampuan kita yang tidak sanggup untuk bersaing dan memenuhi persyaratan sebuah pekerjaan tersebut.

Contoh, sebuah perusahaan membutuhkan staff IT dengan syarat pendidikan minimal D3 / S1 Teknik Informatika, menguasai program HTML,CSS, Javascript, troubleshooting, Network, Mikrotik, windows server, linux, bahasa inggris.

Dari contoh di atas akan membuat lulusan teknik informatika berpikir panjang karena tidak semua orang yang jurusan teknik informatika mampu dan berani melamar dikarenakan oleh faktor kemampuan. Terkadang seseorang yang lulusan Teknik informatika tidak seutuhnya menguasai kesemuanya, ada yang cuman expert dalam programmer, analis, hardware, dan jaringan. Jadi, persipakan diri anda semaksimal mungkin dengan cara belajar.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sebelum Melamar Kerja, Perhatikan 4 Hal Berikut"

  1. Ternyata faktor utama untuk mendapatkan sebuah pekerjaan adalah kemampuan kita sendiri oleh sebab itu kita sebagai pencari kerja harus memahami kemampuan kita sendiri dan jangan pernah letih terus belajar. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktor utama untuk sukses baik dunia kerja maupun usaha adalah diri kita sendiri. salam sukses

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel