3 Permasalahan Yang Paling Sering Terjadi Pada Komputer

Kerusakan dan permasalahan pada komputer/pc merupakan suatu kondisi, dimana komputer tidak bisa digunakan untuk bekerja atau komputer masih bisa digunakan tapi dengan kondisi yang bikin jengkel dan sakit hati.

Sebelum menggunakan komputer, ada baiknya mengetahui dan mempelajari bagian-bagian penting pada komputer sehingga ketika terjadi kerusakan/troubleshooting anda tidak menjadi panik contoh seperti hardware (power supply, motherboard, RAM, harddisk, CD Rom), software (microsoft office, pdf dan program lainnya) dan OS/operating system (windows, linux dll).

Pada umumnya kerusakan pada komputer terjadi karena tegangan listrik dan human error/kesalahan pengguna sebagai user yang tidak berhati-hati dalam menggunakan dan memanfaatkan sesuai dengan job/pekerjaan yang seharusnya dilakukan.


3 kerusakan dan permasalahan yang paling sering terjadi pada komputer/pc :
  1. Kerusakan Memory RAM
    RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang bertugas menyimpan informasi sementara secara acak/random. Ciri-ciri kerusakan memory mati/kotor seperti tidak ada display/tampilan pada monitor, blue screent dan komputer tetap hidup/menyala secara normal cuman tidak ada display/tampilan. Cara mengatasi memory yang kotor dengan cara membersihkan pin memory yang berwarna kuning emas dengan penghapus pensil.
  2. Kerusakan Power Supply
    Power supply merupakan bagian yang memberikan aliran listrik ke motherboard sehingga komputer bisa hidup. Kerusakan power supply bisa disebabkan oleh tidak setabilnya tegangan listrik. Jika power supply mati maka cpu komputer tidak akan hidup dan itu menandakan power supply komputer mati.
  3. Terkena Virus dan Malware
    Virus dan Malware merupakan sebuah program/aplikasi yang merusak sehingga menyebabkan penurunan performance/kinerja komputer mulai dari komputer yang sering hang, not responding, kursor yang bergerak sendiri dan masih banyak lagi. Untuk mencegah biasakan menggunakan anti virus pada komputer.
Dari 3 kerusakan di atas bisa disimpulkan bahwa kerusakan pada komputer lebih sering terjadi pada hardware karena memory RAM dan power supply merupakan bagian dari hardware komputer sedangkan virus dan malware merupakan bagian dari software.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "3 Permasalahan Yang Paling Sering Terjadi Pada Komputer"

  1. Klau hardisk tiba2 melambat.. bahkan waktu booting samasekli membutuhkan waktu beerjam2.. sy kira hardisk yg bermasalh/mau rusak.. namun setelah sy install ulang kembali normal.. nah ini kira2 apa penyebbx ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebabnya karena OS (operating system) terkena virus.

      Delete