Rempah-Rempah dan Khasiatnya - tipdantrik

Rempah-Rempah dan Khasiatnya

Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat di gunakan dalam sejumlah kecil makanan dan sebagai pengawet atau perasa dalam makanan. Rempah-rempah sudah digunakan beribu-ribu tahun yang lalu, rempah pun menjadi bahan jajahan oleh para penjajah sejak abad 15 sampai 16, aroma khas rempah menjadi daya tarik bagi para pencinta rempah terutama negara eropa dan asia. Rempah bisa tumbuh subur di kawasan tropis sehingga para kolonial, portugis, inggris dan belanda menguasai asia hanya untuk menjajah rempah pada waktu tersebut.


Selain untuk makanan, rempah-rempah itu ternyata mempunyai khasiat untu kesehatan. Apa saja khasiatnya

ADAS MANIS
Adas manis atau anis merupakan sejenis tumbuhan berbunga yang berasal dari kawasan laut tengah bagian timur dan asia barat daya. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan semusim berupa ternal yang tingginya dapat mencapai 1 meter, biji adas manis ini mengandung komponen-komponen yang mirip akar manis, adas manis memang terasa manis dan memiliki wangi yang khas biasa di gunakan untuk membuat cemilan yang tinggi kadar gula.

Adas manis merupakan anti parasit ringan dan daunnya bisa digunakan untuk merawat gangguan pencernaan, meredakan sakit gigi, serta minyak atsiri yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit lais dan kudis. Dalam aroma terafi minyak atsiri adas manis digunakan untuk merawat filek dan flu.

RUMPUT AKAR WANGI
Rumput akar wangi adalah jenis rumput yang berasal dari india, tumbuhan ini bisa tumbuh sepanjang tahun dan di kenal orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Tumbuhan ini masih sekeluarga dengan serai atau padu. Akarnya dikeringkan secara tradisional di kenal sebagai pengharum lemari penyimpan pakaian atau barang-barang penting seperti batik dan keris, aroma wangi ini berasal dari minyak atsiri yang di hasilkan pada bagian akar.

ASAM GELUGUR
Asam gelugur adalah pohon hijau abadi yang dimanfaatkan untuk bumbu masak dan bahan pengobatan. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan manggis dan asam kandis, asam ini berasal dari asia selatan dan asia tenggara. Sebagai bumbu buahnya di potong dan dikeringkan di manfaatkan sebagai pemberi rasa asam pada sejumlah masakan terutama masakan dari sumatra.

Ekstrak daun asam gelugur yang dikeringkan dan diolah bisa menyembuhkan penyakit diare, disentri dan malaria.

BUNGA LAWANG
Bunga lawang, kembang lawang atau pekak adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip-mirip dengan adas manis. Rempah ini, banyak di gunakan di masakan negara-negara asia, bunga lawang mempunyai bau khas yang kuat, rempah ini mulai diperkenalkan di eropa pada awal abad ke 17 dari sejak saat itu mulai meraih popularitas. Bunga lawang di jadikan rempah untuk di jadikan penyedap rasa untuk makanan sama seperti kulit kayu manis dan bunga cengkeh selain menyedapkan masakan bunga lawang juga memiliki khasiat kesehatan bumbu ini baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan memiliki fungsi bioretik serta melancarkan saluran kencing.

CENGKEH
Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang beraroma dari keluarga pohon mirip pacae. Cengkeh adalah tanaman asli indonesia dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara eropa. Cengkeh di tanam terutama di kepulauan banda selain itu juga di budidayakan di zamzibar india dan sri langka. Tumbuhan ini adalah flora identitas provinsi maluku utara, minyak esensial dari cengkeh mempunyai fungsi anestetik dan anti mikroba.

Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau nafas dan juga menghilangkan sakit gigi, zat yang terkandung dalam cengkih bernama eugenol digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi.

JINTAN PUTIH
Jintan putih merupakan tumbuhan berbunga dari famili apiaceae berasal dari daerah laut tengah bagian timur sampai india bagian timur. Jintan putih umumnya digunakan sebagai bumbu dapur pada sejumlah masakan di indonesia terutama di sumatra, bali dan sulawesi. Aromanya kuat dan memberikan efek pedas, sekarang banyak tradisi boga yang menggunakannya mulai dari yunani, eropa, asia selatan, asia tenggara dan timur hingga ke america. Masakan mexico di kenal menggunakan jintan putih cukup sering dan penggunaan jintan putih yang paling dikenal adalah sebagai campuran bumbu kari.

Jintan putih berkhasiat menyembuhkan asma bronsial, brongkitis, gampang lelah, batuk kronis dan penyakit pernafasan lainnya.

KAPULAGA
Kapulaga adalah sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah, bumbu, untuk masakan tertentu dan untuk campuran jamu. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di indonesia kapulaga jawa dan kapulaga sabrang (kapulaga india) keduanya termasuk dalam suku jahe-jahean. Biji yang diambil dari tumbuhan bisa dimanfaatkan sebagai obat selain bijinya yang digunakan  untuk obat adalah bagian akar, buah dan batangnya. Kapulaga mengandung minyak atsiri dari kandungan tersebut kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk dan berkhasiat menjaga keropos tulang.

KECOMBRANG
Kecombrang atau bunga honje terutama dijadikan bahan campuran atau bumbu penyedap berbagai macam masakan di nusantara. Bunga kecombrang memiliki zat aktif yang baik untuk menghilangkan bau tidak sedap pada badan, membersihkan darah  dan memperbanyak ASI pada saat menyusui.

KEMIRI
Kemiri adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong, minyaknya digunakan sebagai bahan tambahan dalam perawatan rambut seperti menyuburkan rambut. Bijinya bisa digunakan sebagai pencahar, di jepang kulit kayunya telah digunakan untuk tumor, di sumatera bijinya dibakar dengan arang lalu di oleskan di sekitar pusar untuk menyebuhkan diare.

KETUMBAR
Ketumbar adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer, buahnya kecil, dikeringkan dan diperdagangkan baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada seperti biji kecil-kecil berdiameter 1 hingga 2 milimeter. Manfaat dari ketumbar sudah banyak di rasakan di berbagai negara, ketumbar biasanya digunakan untuk memperlancar pencernaan, peluruh kentut dan penambah nafsu makan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Rempah-Rempah dan Khasiatnya"

  1. Baru tau klo ketumbar bisa untuk meluruhkan kentut..he. salam mampir..

    ReplyDelete
  2. Adam manis, rumput akar wangi dan bunga lawang jarang ditemui kalau di daerahku :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel