Radiasi Handphone Bagi Kesehatan

Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu ruang atau materi dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektro magnetik, cahaya proton dari sumber radiasi secara umumnya radiasi banyak di hasilkan oleh berbagai peralatan elektronik atau peralatan listrik misalnya Handphone dan Smartphone, pokoknya yang ada disekitar anda.


Kemajuan teknologi selalu menghasilkan 2 hal, manfaat dan mudarat. Bahaya radiasi handphone adalah salah satu mudarat dari keberadaan handphone ini. Bahaya atau efek negative radiasi handphone bisa menimbulkan sejumlah penyakit dan kelainan kesehatan misalnya tumor otak, parkinsen, kanker, kecapaian dan sakit kepala.

Tumor otak merupakan penyakit tumor yang menyerang otak dan sulit dideteksi secara dini dan biasanya menyerang orang dewasa atau usia produktif. Meski demikian penyakit ini bisa menyerang siapa saja karena otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting maka penyakit ini bisa mengganggu organ tubuh yang lain dalam waktu singkat.

Kanker adalah sejenis penyakit yang ditimbulkan oleh sel yang tumbuh, membelah diri secara tidak wajar dan tidak terkendali serta menyerang jaringan di sekitarnya atau jaringan ditempat lain dengan melalui aliran darah.

Parkinsen adalah jenis penyakit degeneratif yang menyerang sistem saraf pusat sehingga mengganggu sistem motorik. Penderita parkinsen biasanya mengalami kaku otot menjadi sulit berjalan, tremor, masalah keseimbangan serta gerakan menjadi sangat melambat.


Untuk mengatasi bahaya radiasi handphone tadi maka ada beberapa tips yang perlu anda ketahui :

Gunakan Lound Speaker Saat Menelpon
Memakai speaker saat menelpon atau menerima panggilan ini akan mengurangi energi atau tingkat bahaya radiasi handphonenya. Semakin jauh dari antena handphone akan semakin rendah tingkat radiasinya. Maka kabel headset pada ponsel itu bisa sebagai antena dan juga mengirimkan sejumlah radiasi elektro magnetik ke pengguna handphone maka bijaksanalah dalam memakai kabel headset.

Maksimalkan Penggunaan SMS
Biasakan menggunakan sms karena mengirim text di sms akan membatasi durasi bahaya radiasi handphone dan juga menjaga jarak handphone dari kepala dan tubuh. Saat handphone tidak di pakai jangan lupa mematikannya atau setting menjadi offline atau bisa juga menggunakan mode pesawat yang akan mematikan transmiternya.

Kurangi Penggunaan Handphone Saat Sinyal Lemah
Kurangi penggunaan handphone saat sinyal lemah atau ketika anda dalam kendaraan yang melaju kencang termasuk kereta api soalnya handphone akan meningkatkan penerimaan sinyal hingga maksimal untuk itu ponsel selalu mencari sinyal ke antena yang baru.

Biasakan Menunggu Saat Menelpon Sampai Indikator Tersambung
Setelah menelpon tombol nomer handphone yang di tuju tunggu beberapa saat sampai ada indikator tersambung saat itu ponsel sedang mengirim sinyalnya yang terkuat karena sedang berusaha untuk terkoneksi.

Kurangi Mengantongi Handphone
Setiap bagian dari tubuh menyerap radiasi pada intensitas yang berbeda dan jaringan fastikuler kemungkinan lebih mudah diserap apa lagi saat anda mengantongi handphone radiasinya sangat berbahaya. Penelitian mengungkapkan, pria yang mengantongi handphone pada saku celana cenderung memiliki jumlah sperma 25% lebih rendah di banding pria lain yang tidak menyimpan handphone di saku celana.

Gunakanlah Anti Radiasi
Untuk mengurangi efek negative radiasi handphone, kini di masyarakat banyak menjual perngkat anti radiasi menurut produsennya alat anti radiasi ini bisa mengurangi tingkat radiasi yang dipancarkan oleh berbagai perangkat elektronik atau gadget. Alat tersebut ada yang berupa casing atau stiker yang mudah di tempelkan pada perangkat elektronik atau gadget sehingga mampu menurunkan tingkat radiasi yang signifikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Radiasi Handphone Bagi Kesehatan"

Post a Comment