Protocol TCP/IP

TCP/IP protokol adalah jaringan dengan teknologi "packet Switching" yang berasal dari proyek DARPA (Development of Defense Advanced Research Project Agency) di tahun 1970-an yang dikenal dengan nama ARPANET. TCP/IP adalah protokol yang tersedia pada NT 4.0 dengan layanan aplikasi berorientasi internet dan intranet dan TCP/IP sendiri sebenarnya merupakan suite dari gabungan beberapa protokol. Di dalamnya terdapat protokol TCP, IP, SMTP, POP, dan sebagainya.


Protokol TCP (Transmission Control Protocol) melakukan transmisi data per segment, artinya paket data dipecah dalam jumlah yang sesuai dengan besaran paket, kemudian dikirim satu per satu sampai dengan selesai. Agar pengiriman data sampai dengan baik maka pada setiap paket pengiriman TCP akan menyertakan nomor seri (sequence number). komputer tujuan yang menerima paket tersebut harus mengirim balik sebuah sinyal acknowledge dalam satu periode yang ditentukan. bila pada waktunya komputer tujuan belum juga memberikan acknowledge-nya maka akan terjadi "time out" yang menandakan pengiriman paket gagal dan harus diulang kembali. Model protocol TCP disebut sebagai connection oriented protocol dimana terdapat TCP port yang merupakan pintu masuk data gram dan paket data, yaitu mulai port data 0 sampai dengan 65.536.

Internet Protocol (IP) menggunakan IP-address sebagai identitas. pengiriman data akan dibungkus dalam paket dengan label berupa IP-address si pengirim dan IP-address penerima. Apabila IP penerima melihat pengiriman paket tersebut dengan identitas IP-address yang sesuai, maka data gram tersebut akan diambil dan disalurkan ke TCP melalui port dimana aplikasi sedang menunggunya. IP address terbagi menjadi 2 bagian, yaitu :
  • Network ID (identitas jaringan)
  • HOST ID (identitas komputer)
Alamat Broadcast yaitu alamat yang dapat dikirim ke semua jaringan sebagai upaya broadcasting. Broadcasting IP diperlukan untuk :
  • Memberikan informasi kepada jaringan bahwa layanan tertentu ada
  • Mencari informasi di jaringan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Protocol TCP/IP"

Post a Comment