Keindahan Dan Keunikan Pantai - Pantai Di Lombok

Lombok merupakan sebuah pulau yang dikenal dengan pantai – pantainya yang berpasir putih dan jernihnya air laut yang membiru, pantai – pantai di lombok boleh diadu dengan pantai – pantai yang ada di bali. Hampir setiap daerah di lombok mempunyai pantai – pantai yang cantik dengan keunikan masing – masing, selain terkenal dengan pantai pasir putihnya lombok mempunyai pantai berpasir unik seperti :


PANTAI PINK LOMBOK TIMUR
pantai pink, berlokasi di desa kecil sekaroh kecamatan jerowaru lombok timur pantai bernama asli pantai  pangsi ini sebenarnya merupakan bagian dari pantai tanjung ringgit namun karena lokasi dan inprastruktur jalan yang kurang memadai, pantai pink tidak terekspos media dan wisatawan. Perjalanan menuju ke pantai pink seolah membelah hutan buruknya infrastruktur dengan lubang – lubang besar di jalan membuat perjalanan semakin menantang, dibutuhkan perjalanan darat selama 2 jam dari kota mataram dan perjalanan melelahkan ini akan terbayarkan begitu anda menginjakkan kaki di sini. Arus laut dipantai ini cukup tenang, deburan ombak kecil membuat kita asyik untuk bermain – main disini tentu saja satu hal yang menjadi daya tarik pantai pangsi ini adalah pasirnya yang berwarna merah mudah alias pink.

Ternyata warna pink pada pasir ini terbentuk karena butir – butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan – serpihan terumbu karang merah muda dan seiring proses alam, serpihan – serpihan terumbu karang ini menyatu dan membentuk warna merah muda, apa lagi saat terkena air laut dan terpapar sinar matahari membuat warna pink pada pasir dipantai ini jelas terlihat. Pantai pink didominasi oleh warna pink dengan panorama alam yang sangat mengesankan, dikelilingi tebing – tebing yang cukup tinggi dengan semacam pendopo diatasnya yang disediakan untuk para wisatawan menambah kenikmatan untuk menikmati hamparan laut luas dan pemandangan menakjubkan dibawah tebing. Aroma air laut yang khas, belaian hembusan angin dan suara ombak yang membentur karang membuat hati siapapun yang berkunjung kesini menjadi tenang.  Di dunia ini hanya ada 7 pantai dengan pasir berwarna merah muda seperti di bahama sedangkan di indonesia selain di lombok juga ada di pulau komodo.


PANTAI TANJUNG AAN LOMBOK TENGAH
Pemandangan dari atas bukit ditepi pantai tanjung aan sungguh menakjubkan. Jika pantai pink menjadi unik karena memiliki pasir berwarna merah muda, maka pasir ditanjung aan lombok tengah ini tak kalah uniknya, pantai dengan hamparan pasir berwarna putih ini ternyata memiliki dua jenis pasir yang berbeda di satu sisi pasirnya kasar berbentuk seperti butiran merica sementara disisi lainnya pasir sangat halus dan lembut bagaikan tepung karena keunikan inilah masyarakat sekitar sering menyebut pantai tanjung aan dengan sebutan pantai tanjung merica.

Hamparan pasir putih halus dari pasir merica ini dipisahkan batu karang cukup besar jadi anda harus melewati batu karang dulu untuk melihat keunikan pasir merica atau sebaliknya melihat dua jenis pasir seolah ada dua pantai dalam satu pantai dan inilah keunikan pantai tanjung aan.

Kabarnya pasir merica ini terbentuk dari fosil – fosil karang yang terkikis oleh hempasan angin ditepi pantai. Selain keunikan pasirnya pantai ini juga menawarkan keindahan lainnya, air laut yang jernih, langit yang biru, ombak yang tenang, batu karang yang eksotis dan hamparan sinar matahari yang hangat untuk berjemur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Dan Keunikan Pantai - Pantai Di Lombok"

Post a Comment