Hardware Komputer - tipdantrik

Hardware Komputer

Komputer adalah sebuah mesin elektronik yang dapat diprogram untuk menerima data atau input yang biasanya terdapat dalam sebuah media penyimpanan atau storage untuk kemudian diproses menjadi sebuah informasi yang berharga atau yang biasa di sebut output. Proses tersebut dilakukan oleh software sedangkan hardware berfungsi sebagai penunjang kinerja dan performa atau istilah kerennya gold/garbage in gold/garbage out (GIGO).

Dari pengertian diatas anda sudah bisa mempunyai sebuah bayangan tentang komputer atau laptop mulai dari cara kerja, fungsi, dan proses sehingga menghasilkan suatu kinerja yang bermanfaat bagi user atau pengguna komputer atau laptop tersebut.
Hardware Komputer
Sebelum membahas lebih jauh tentang komputer, sebaiknya kita mengetahui perkembangan dan sejarah komputer. Komputer dari sejak awal dibuatnya sampai sekarang telah  banyak mengalami bentuk perubahan dan penyempurnaan kegunaannya. Tahun 1930 merupakan tahun dimana konsep dari komputer serba guna menjadi bagian dari lahirnya komputer modern masa kini dimulai dengan perkembangan perangkat keras atau hardware yang menuntut penggunaan perkembangan penggunaannya di dalam perangkat lunak atau software serta penggunanya atau brainware.

Sejarah perkembangan hardware komputer dapat dijelaskan sebagai berikut :

GENERASI PERTAMA ( 1946 – 1959 )
Komputer generasi pertama dibuat dengan sangat sederhana dengan bentuk ukuran fisik yang besar, membutuhkan tenaga listrik yang besar dan menggunakan komponen hampa udara atau vacuum tube, contoh Mark 1, IBM 702 dan Univac 11.

GENERASI KEDUA ( 1959 – 1965 )
Pada generasi ini dikembangkan penggunaan teknologi transistor dan bahasa tingkat tinggi sebagai bahasa komputer pertama sehingga mempunyai kecepatan yang lebih dibandingkan generasi pertama, misal NCR 300, GE 200 dan IBM 7080.

GENERASI KETIGA ( 1965 – 1970 )
Komputer pada generasi ketiga dibuat dengan menggunakan teknologi IC atau yang biasa disebut sebagai chip sehingga listrik yang dibutuhkan pun lebih hemat dan mempunyai memory sampai dengan ratusan karakter serta penggunaan magnetik disk yang berkapasitas besar, seperti Univac 9000 dan Burroughs 7700.

GENERASI KEEMPAT ( 1970 – 1995 )
Pada generasi keempat penggunaan IC dikumpulkan dan didapatkan di dalam Chip sebagai rangkaian IC yang terpadu sehingga memungkinkan pembuatan kecerdasan buatan dalam komputer untuk teknologi simulasi dan sensor, seperti IBM 370 dan Apple II.

GENERASI KELIMA ( Present & Beyond )
Pada generasi kelima ini sudah dipergunakan teknologi web dan browser untuk pengolahan dan penyampaian informasi secara real time berbasis grafik dan tanpa kabel, seperti Nokia 9210, ravemp player, Ms. Reader, Apple G4 dan sebagainya.


KONFIGURASI KOMPUTER
Konfigurasi pada komputer membutuhkan beberapa langkah atau step yang harus anda tahu, adapun konfigurasi komputer ada tiga yaitu unit input, unit proses dan unit output.

UNIT INPUT
Unit input dalam sebuah komputer merupakan suatu bagian yang berperan sebagai media penerima masukan dari user. Unit ini merupakan Gate atau gerbang dimana melalui unit ini user akan memasukkan atau memberikan perintah – perintah yang nantinya akan diolah oleh unit lain sehingga pada bagian akhir akan didapatkan suatu hasil yang sesuai keinginan user.

Macam – macam dari unit input antara lain :

Keyboard ( papan ketik )
Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan memanfaatkan kinerja saklar ON OFF yang diterapkan dalam sekumpulan tombol. Bila salah satu tombol ditekan maka tombol tersebut akan memberikan arus listrik ke papan ketik sehingga dalam proses berikutnya arus ini akan diolah menghasilkan suatu tulisan atau karakter pada layar.

Mouse
Mouse merupakan suatu alat yang digunakan untuk menerima masukan selain karakter. Biasanya alat ini digunakan untuk menggambar. Prinsip kerja alat ini adalah gerakan yang dibuat oleh user akan direkam oleh bola untuk kemudian dibagi menjadi gerakan vertikal dan horisontal oleh gear vertikal atau horisontal sehingga akan dapat diukur oleh sensor seberapa jauh perpindahan yang harus ditampilkan di pada layar.

UNIT PROCESS
Merupakan bagaian utama dari komputer. Pada unit ini terjadi kegiatan pengolahan data yang diterima dari unit sebelumnya. Data – data yang dimasukkan user melalui keyboard akan diolah dengan menggunakan logika ( arithmetic logic unit – ALU ). Processor merupakan perangkat utama pada unit process yang berupa chip besar terletak tepat di tengah – tengah bagian utama atau main board dan merupakan otak komputer. Segala sesuatu yang terjadi dalam komputer dikontrol oleh chip ini.

Generasi sebuah chip utama atau processor sebagai berikut :
Generasi pertama ( 1978’an )  Intel 8086
Generasi kedua ( 1982’an ) Intel 80286
Generasi ketiga ( 1985’an ) Intel 80386 DX
Generasi keempat ( 1989’an ) Intel 80486 DX
Generasi kelima ( 1993’an ) Intel Pentium, AMD K5
Generasi keenam ( 1997’an ) Intel Pentium II, AMD K6
Generasi ketujuh ( 1999’an ) Intel Pentium III, AMD K6-3
Generasi kedelapan ( 2000’an ) Intel Pentium IV, AMD K7
Generasi kesembilan ( 2003’an ) Intel Pentium M
Generasi kesepuluh ( 2004’an ) Intel Pentium Prescott

Sedangkan generasi berikutnya dari Intel adalah intel core ( 2006 ), intel nehalem dan Bonnell ( 2008 ), intel sandy bridge ( 2011 ), intel silvermont dan haswell ( 2013 ), intel skylake ( 2015 ), intel kabylake ( 2016 ), intel cannonlake ( 2017 ).


UNIT OUTPUT

Monitor
Bagian akhir dari sebuah komputer adalah unit display yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara user dengan kompter.

Printer
Unit output lain dari komputer adalah printer yang merupakan bagian terpisah dari sebuah PC yang berfungsi sebagai pencetak hasil pengolahan data pada media seperti kertas dengan menghasilkan pola – pola tertentu.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel