Tahukah Anda, 4 Kebiasan Buruk Penyebab Penyakit

Saat ini banyak penyakit menghampiri manusia di sebabkan gaya hidup yang tidak sehat, apa lagi mereka yang tinggal di kota besar, aktifitas tanpa rutinitas  yang di lakukan dalam waktu yang lama dan berulang, membuat kita terjebak dan menjadi kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari sebenarnya membahayakan diri kita, selain tuntutan pekerjaan, pergaulan serta gaya hidup membuat seseorang semakin terjebak dalam kebiasaan tidak sehat yang pada akhirnya akan mengurangi kualitas kesehatan tubuh dan memicu munculnya penyakit.


Kebiasaan buruk penyebab penyakit di antaranya


BEGADANG
Sercara normal tidur minimal 8 jam sehari sedangkan untuk kasus begadang akan terus terjaga hingga malam bahkan jam tidurnya kurang dari 6 jam, manusia harus cukup tidur karena dengan tidur kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari – hari, kita membiarkan tubuh memperbaiki metabolisme dengan cara tidur.

Waktu paling baik untuk tidur pada malam hari adalah antara 7 sampai 8 jam sehari. Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang tidur larut malam antara lain kerja lembur, pergaulan atau insomnia, jika menjadi sebuah kebiasaan maka begadang akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan organ tubuh anda selain itu kebiasaan begadang juga berbahaya bagi kesehatan sikis anda, begadang menyebabkan hilangnya konsentrasi dan kurang fokus selain itu banyak efek buruk akibat begadang yang di rasakan secara langsung di antaranya muka pucat dan muncul lingkaran hitam, pusing, daya tahan menurun serta mudah mengantuk.

Sedangkan secara sikis begadang juga menyebabkan stres dan defresi, menurut sebuah penelitian bahwa seseorang yang memiliki jam tidur kurang dari 5 jam sehari selama 7 hari berturut – turut akan menyebabkan stres, sedih, marah serta kelelahan pikir. Perasaan yang tidak tenang, berdebar – debar serta cenderung gelisah adalah efek samping lain dari begadang.

Selain efek tadi begadang juga menyebabkan resiko penyakit berbahaya di antaranya hipertensi, hipertensi merupakan penyebab munculnya penyakit struk, serangan jantung serta gagal jantung kronis. Orang – orang dengan gejala insomnia mempunyai kemungkinan hipertensi sedangkan penyebab hipertensi pada penderita insomnia faktor beberapa seringnya seseorang terbangun ketika tidur di malam hari serta berapa waktu yang di butuhkan untuk dapat kembali tidur selain dari faktor hipertensi begadang juga menyebabkan serangan jantung, resiko struk, diabetes dan obesitas.


MAKAN TIDAK TERATUR
Terhayut dengan kesibukan yang luar biasa ada kalanya membuat seseorang terlambat makan sehingga lambat laun hal ini menjadi sesuatu yang biasa, meski sepele terlambat makan memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika di lakukan dalam jangka waktu lama kebiasaan buruk ini harus di hilangkan mengingat resiko yang akan terjadi salah satu dampak telat makan bagi kesehatan adalah  menyebabkan permasalahan yang terjadi pada lambung serta mengganggu organ tubuh lainnya namun tak hanya itu saja banyak efek buruk makan tidak teratur di antaranya mudah letih dan lesu.

Ketika anda terlambat untuk makan suplai pada glukosa ke otak otomatis akan terganggu jika cadangan glukosa dalam tubuh mengalami penurunan maka akibatnya tubuh tidak berfungsi secara optimal akibatnya adalah anda akan mudah lelah dan lesu, gula dalam darah yang rendah akan berpengaruh terhadap memori, konsentrasi serta kinerja mental maupun fisik.

Akibat sering telat makan selanjutnya adalah nyeri pada perut selain dapat menurunkan berat badan, telat makan dapat menyebabkan permasalahan pada lambung, keram perut, nyeri pada perut, sembelit, diare serta kembung. Selain itu metabolisme tubuh bisa melambat meski sedang beristirahat seperti tidur proses metabolisme tubuh tetap berjalan tujuannya adalah membakar kalori dalam tubuh untuk mengubahnya menjadi energi.

Sering terlambat makan akan menyebabkan metabolisme tubuh melambat dan ini akan berdampak terhadap tubuh yang mudah lelah tidak bertenaga untuk melakukan aktifitas selain terlambat makan, karna kesibukan banyak orang juga meninggalkan sarapan pagi pada hal sarapan merupakan salah satu kegiatan terpenting di pagi hari sebelum melakukan aktifitas sehari – hari.

Menurut penelitian sarapan merupakan hal wajib meski hanya dengan roti atau sereal, meninggalkan sarapan pagi justru sangat merugikan salah satunya meningkatkan resiko obesitas, menurut sebuah penelitian meninggalkan sarapan 4 setengah kali lebih gemuk di banding orang yang sering sarapan karena orang yang tidak sarapan pagi cenderung kalap saat makan siang tak hanya itu meninggalkan sarapan pagi menyebabkan kolestrol dan penyakit jantung, haid tidak teratur menyebabkan sakit mah serta menurunkan kemampuan memecahkan persoalan, mengingat dan konsentrasi, sedangkan pelajaran tidak melewatkan sarapan cenderung lebih aktif, nilai lebih bagus serta jarang meninggalkan kelas.


MENGKONSUMSI MAKANAN CEPAT SAJI
Kepadatan kesibukan sering kali membuat orang malas dan enggan untuk memasak dan mengolah sendiri makanan yang sehat, mereka lebih memilih untuk memakan makanan cepat saji yang lebih praktis di antaranya makanan cepat saji seperti fizza, burger, mie instan dan lain sebagainya.

Makanan cepat saji tersebut sangatlah berbahaya jika di konsumsi terlalu sering karena mengandung kadar garam, gula, lemak dan kalori yang sangat tinggi. Makan makanan cepat saji menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan, kandungan minyak dan bahan pengawet yang terdapat dalam makanan cepat saji juga membuat tubuh sulit mengurai lemak, makanan cepat saji juga memicu kerusakan hati, hal ini di karenakan makanan cepat saji banyak mengandung sodium dan minyak jahat yang membuat hati bekerja lebih ekstra untuk membersihkan gas beracun dalam tubuh.

Kandungan gula dan garam yang sangat tinggi juga menyebabkan penyakit diabetes tipe 2, makan cepat saji juga tidakk mengandung vitamin, mineral dan zat lainnya yang penting untuk tubuh. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan gangguan – gangguan dalam tubuh.


MENGGUNAKAN PONSEL BELEBIHAN
Ponsel saat ini menjadi kebutuhan sekaligus gaya hidup yang sulit di pisahkan dari kehidupan manusia, tahukah anda menggunakan ponsel terlalu sering dapat mengganggu kesehatan kita, terlalu sering menggenggam dan memainkan ponsel akan menyebabkan nyeri otot serta peradangan tendo, selain itu tangan akan terasa kesemutan dan area di sekitarnya menjadi tegang.

Saat memegang ponsel leher kita cenderung meliha ke bawah, jika terus – terusan leher akan terasa sakit dan pegal serta memicu sakit punggung selain itu bagi mereka yang telah kecanduan ponsel akan ada rasa cemas belebihan akibat tidak adanya getaran ponsel serta nomopobia atau situasi dimana kita ketakutan untuk berjauhan dengan ponsel tak hanya itu kebiasaan tidur dengan ponsel di dekat kita juga bisa memicu kerusakan sistem saraf hal ini menimbulkan insomnia atau gangguan tidur, peradangan mata dan peradangan kulit juga bisa terjadi akibat terlalu sering menggunakan ponsel, kebiasaan buruk ini juga di tenggarai meningkatkan resiko kangker otak hingga 400% bagi remaja, menurunkan kesuburan pria, memicu hormon stres, menurunkan kekebalan tubuh, serta dapat menyebabkan kepikunan.


DUDUK TERLALU LAMA DI DEPAN KOMPUTER
Dengan hanya duduk kita sudah dapat mengakses informasi di seluruh dunia dengan melakukan browsing di depan layar komputer atau laptop, kegiatan tersebut pastinya akan mengharuskan seseorang duduk dalam waktu lama. Kebiasaan ini tidaklah baik bagi kesehatan tubuh serta mengundang berbagai jenis penyakit yang berbahaya di antaranya mengakibatkan berubahnya bentuk struktur tulang belakang, penyakit diabetes, dan juga jantung.

Karena di sibukkan aktifitas dan pekerjaan kadang membuat kita tidak sadar bahwa kebiasaan kita tidak baik untuk kesehatan karena itulah penting bagi kita untuk tetap hidup sehat dan selalu menyempatkan diri untuk mengistirahatkan tubuh serta pikiran kita dari rutinitas, gunakan ponsel seperlunya, berolahraga, serta konsumsi makanan yang di olah secara sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Anda, 4 Kebiasan Buruk Penyebab Penyakit"

Post a Comment