Mengenal Behel Gigi dan Fungsinya Bagi Kesehatan

Apa sih itu behel gigi, kawat gigi atau dettol breezes, behel gigi itu sama artinya dengan kawat gigi atau breket yang dalam bahasa inggrisnya di sebut sebagai dettol breezes, dettol breezes sendiri adalah alat yang di gunakan oleh dokter gigi spesialis ortodonti untuk merapikan gigi si pasien agar tampak rapi dan cantik. Gigi rahang atas dan gigi rahang bawah akan terasa pas saat melakukan gigitan, dimana berpengaruh pada kemampuan dan kenyamanan dalam mengunyah makanan dan tentunya membuat gigi tampak rapi serta bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Namun belakangan penggunaan behel tidak lagi berdasarkan permasalahan yang terjadi pada gigi melainkan hanya untuk menunjang penampilan yang semestinya tidak perlu di lakukan, pemasangan behel pun kini sudah menjadi suatu trend fashion berkat kemajuan teknologi dan bahan yang makin moderen membuat pemasangan kawat gigi tidak lagi terasa sakit seperti dulu, pemasangan kawat gigi ini juga bertujuan untuk mencegah kondisi yang bisa membahayakan kesehatan.

Gigi yang tidak rata meningkatkan resiko penumpukan plug dan sisa makanan yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan periodontal, kawat gigi juga membantu mencegah masalah serius seperti rahang nyeri akibat gigi yang tidak punya ruang tumbuh selain itu gigi yang tidak rata membuat makanan tidak dapat di olah dengan sempurna oleh gigi sehingga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Secara umum kawat gigi sendiri berfungsi memperbaiki jarak yang terlalu renggang antar gigi, gigi yang berdesakan atau tumbuh bengkok, gigi depan rahang atas tumbuh tidak sejajar di banding gigi depan rahang bawah masalah rahang lainnya yang menyebabkan gigitan menjadi tak rata. Selain memperbaiki penampilan, gigi yang rata dapat membuat anda bicara lebih jelas dan mengolah makanan lebih baik.

Pada umumnya masalah gigi yang tidak rata baru muncul saat gigi permanen tumbuh, inilah sebabnya kebanyakan kawat gigi di pasang pada usia 8 hingga 14 tahun yaitu ketika gigi rentan tumbuh tidak sesuai dengan arah seharusnya di tambah dengan kondisi tulang wajah yang masih berkembang. Para dokter Orthodontic menyarankan gigi anak di periksa pada usia 7 tahun untuk memperkirakan kebutuhan pemasangan kawat gigi, meski pada usia ini kebanyakan gigi susu telah di gantikan oleh gigi permanen semua tetap tergantung ke pada tingkat keparahan dan masalah yang timbul akibat gigi yang tidak rata.

Kawat gigi pada orang dewasa bekerja dengan cara dan mamfaat yang sama dengan pada anak – anak, perbedaannya hanya terletak pada jangka waktu pemakian pada orang dewasa yang relatip jauh lebih lama karena tulang wajah tidak lagi berkembang, masalah pada gigi orang dewasa yang jauh lebih komplek sehingga di perlukan perawatan tambahan oleh karena itu kenali komponen kawat gigi yang akan anda gunakan, kawat gigi menekan deretan gigi agar bergerak ke arah tertentu secara perlahan – lahan dalam periode waktu yang panjang. Tulang akan berubah dan beradaptasi seiring dengan tekanan dan pergerakan gigi, umumnya kawat gigi terdiri dari beberapa komponen utama seperti kotak – kotak kecil di sepanjang kawat Orthodontic sebagai bahan penahan di depan gigi yang bertujuan membuat deretan gigi sejajar.

Sementara itu kotak – kotak kecil itu terbuat dari baja, titanium, polikarbonat, keramik atau plastik berwarna. Kawat lengkung berfungsi menyatukan kotak – kotak kurung dan memandu arah pergerakan gigi, kabel terbuat dari nikel atau titanium, semua bahan – bahan ini lebih elastis dan lebih fleksibel di banding baja sehingga lebih mudah di sesuaikan.

Terlepas dari tujuan anda menggunakan behel, apakah itu untuk kesehatan gigi dan mulut, menata letak atau posisi gigi maupun hanya sekedar mengikuti trend namun ada baiknya untuk terus merawat gigi dan mulut agar kesehatan gigi dan mulut dapat terjaga sebagai mana di ketahui pemeliharaan gigi sebelum dan sesudah pemasangan behel tentu tidaklah sama karena kebersihan sebagian dari iman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Behel Gigi dan Fungsinya Bagi Kesehatan"

Post a Comment