Desa Sade Lombok Tengah - tipdantrik

Desa Sade Lombok Tengah

Desa Sade merupakan sebuah dusun yang terletak di Desa Rambitan Kecamatan Pujut Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. Desa ini masih mempertahankan adat Suku Sasak, sebagai desa wisata, sade mempunyai keunikan sendiri meskipun terletak di samping jalan raya beraspal, namun penduduknya tetap berpegang teguh menjaga keaslian desa.

Desa Sade di Lombok merupakan salah satu desa tertua di daerah Lombok tengah khususnya lombok tengah selatan, dimana kampungnya masih tradisional serta rumah – rumah yang masih mempertahankan budaya asli suku sasak seperti atap rumah yang masih menggunakan jerami.

Desa Sade mempunyai luas 6 hektar, berkunjung ke desa sade akan ada pemandu yang akan menjelaskan keadaan dan asal usul desa sade terlebih dahulu, desa sade di huni oleh 152 kepala keluarga yang berjumlah 700 orang, semua masyarakat berprofesi sebagai petani namun mereka hanya panen setahun sekali selebihnya mereka mengandalkan penghasilan sebagai pengerajin souvenir yang di jual kepada wisatawan.

Selain itu kita masih bisa melihat bagaimana masyarakat desa membuat kain hingga cara memintel dan menenunnya menggunakan alat tradisional, bahkan ada warga yang menggunakan alat yang tidak pernah di ganti semenjak pertama kali menggunakannya.

Ada beberapa versi tentang asal usul suku sasak, menurut catatan sejarah, suku sasak berasal dari Vietnam. Sasak berasal dari kata saksak yang artinya adalah sampan namun ada juga bukti yang menunjukkan bahwa suku sasak berasal dari jawa.

Desa sade memang menyuguhkan suasana perkampungan asli pribumi lombok, orang sasak sade menyebut rumah mereka sebagai Bale. Ada beberapa jenis bale di kampung ini yang di bedakan berdasarkan fungsinya salah satunya adalah berugak yang merupakan lumbung atau tempat untuk menyimpan hasil bumi sedangkan di bagian bawah yang tidak berdinding biasanya di pakai untuk berkumpul. Sementara itu di dalam rumah warga terdapat dua ruangan yakni ruangan tamu tempat berkumpul keluarga di depan dan ruangan wanita yang ada di dalam yang di pisahkan oleh tangga dan pintu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desa Sade Lombok Tengah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel