Wajib Tahu Tradisi Lombok


Lombok merupakan salah satu pulau sebelah timur bali. Pulau lombok merupakan bagian dari Nusa Tenggara Barat atau NTB. Pulau lombok terdiri dari 4 kabupaten ( kabupaten lombok utara, kabupaten lombok barat, kabupaten lombok tengah dan kabupaten lombok timur ). 

Saat ini lombok merupakan salah satu wisata favorit dunia karena ke indahan alam dan pantai yang tidak kalah menarik dengan wisata dunia lainnya. Beberapa faktor yang membuat lombok menjadi terkenal adalah alam dan pantai yang masih alami tidak pernah di modifikasi sehingga memberikan kesan tersendiri buat wisatawan manca negara maupun dalam negeri. Selain keindahan alam, pantai, lombok terkenal dengan masyarakat yang ramah dan berbudaya. 

Sebelum anda berwisata ke lombok, anda wajib tahu, tradisi lombok yang paling terkenal dan menjadi buah bibir masyarakat dunia terutama di indonesia.    Tradisi yang pertama adalah :

1. Tradisi Maling atau mencuri
Tradisi maling atau mencuri adalah sebuah tradisi yang di lakukan jika seorang pemuda dan pemudi mau menikah. Mempelai perempuan akan di paling atau di curi dari rumahnya dengan syarat mereka sudah saling mencintai atau suka sama suka. Tradisi maling mempunyai filosofi tersendiri bagi kami masyarakat lombok. Dengan cara maling mempelai perempuan melambangkan keberanian dan tanggung jawab sebagai seorang laki-laki. Jadi bukan maling atau mencuri yang melanggar hukum dan norma agama. 

2. Tradisi begibung
Begibung adalah tradisi makan bersama dalam satu wadah atau nampan besar. Tradisi begibung akan di temui ketika begawe atau pesta pernikahan. Biasanya dalam satu nampan besar akan di isi oleh empat orang dengan nasi dan lauk dalam satu nampan tanpa dibagi seperti makan dalam satu piring. Tradisi ini sudah mulai jarang ditemukan. Cuman masih beberapa daerah di lombok yang masih tetap menggunakan tradisi begibung. 

3. Tradisi kelak ares
Tradisi ini di lakukan ketika begawe atau pesta pernikahan. Kelak ares adalah tradisi memasak pohon pisang untuk dijadiin lauk pauk ketika mengadakan pesta pernikahan dan tradisi kelak ares hanya dilakukan ketika ada acara begawe atau pesta pernikahan. 

Beberapa tradisi yang telah kita bahas akan memberikan sedikit gambaran dan pengetahuan tentang lombok, walaupun masih banyak tradisi unik lainnya yang belum sempat kita bahas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wajib Tahu Tradisi Lombok"

Post a Comment