Membuat VPN Untuk Sharing Data Server

VPN ( Virtual Private Network) Adalah sebuah jaringan khusus untuk menghubungkan antara class jaringan yang berbeda. VPN bisa anda gunakan untuk menghubungkan antara kantor yang satu dengan kantor yang lain walaupun harus berbeda Negara, Daerah dan Pulau. Dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network) anda bisa berbagi segala macam data atau pun perangkat keras seperti printer.

Mungkin bagi para pakar jaringan, VPN bukan hal yang asing terutama mereka yang pernah bekerja atau bergelut dalam jasa ISP (Internet Service Provider). Dalam ISP, VPN di gunakan untuk meremote client mikrotik server dengan tujuan untuk service jarak jauh sehingga membuat mereka seolah-olah berada di tempat client. Begitulah penggunaan VPN dalam ISP (Internet Service Provider).

Sekarang kita akan mencoba menyelesaikan sebuah kasus, dimana VPN akan kita terapkan atau gunakan dalam sebuah perusahaan yang mempunyai cabang atau outlet di luar pulau. Jadi perusahaan ini berada di Bali tepatnya di daerah Kuta. Kebetulan perusahaan ini merupakan Destination International atau yang bergerak dalam Jasa Travel dan mempunyai cabang di pulau Jawa tempatnya di daerah Jogja. Perusahaan ini menggunakan Win Server sebagai tempat menyimpan data seluruh karyawan dan untuk mengakses data dari jaringan lokal kita gunakan sharing data dan di Map Network Drive pada setiap PC atau Komputer. dan direktur menginginkan data yang ada di win server bisa di akses seperti kantor yang di bali.

Sekarang kita akan mencoba menyelesaikan kasus di atas dengan menggunakan VPN sehingga perusahaan yang di jogja bisa mengaksese dan melakukan Map Network Drive dan membuat kantor di jogja seolah-olah satu jaringan. Sebelum kita lanjutkan, saya akan memberikan beberapa peralatan dan perlengkapan yang saya gunakan :
  • Internet Dedicated karena kita membutuhkan IP Public yang Statik atau tidak berubah-ubah.
  • Windows Server 
  • Mikrotik
  • Winbox adalah Tools yang di gunakan untuk mengakses Mikrotik
  • Menggunakan DHCP atau IP Dynamic untuk pebagian IP secara otomatis ke PC Client.

Membuat VPN Untuk Sharing Data Server 

  1. Buka Winbox
    Jika winbox sudah terbuka, silahkan anda isi Connect to dengan IP lokal atau dengan cara click pada bagian tombol yang mempunyai logo titik-titik sebanyak tiga kali sehingga secara otomotis akan melakukan scan IP yang bisa di gunakan untuk mengakses Mikrotik. Login di isi dengan user name yang telah anda buat di Mikrotik. Password di isi dengan password yang telah anda buat di Mikrotik. Jika semua sudah terisi silahkan anda tekan tombol Connect untuk mengakses mikrotik.
  2. Jika cara nomer satu sudah benar maka Mikrotik akan terbuka.
  3. Silahkan klik menu PPP, yang berada pada bagian menu sebelah kiri.
  4. Setelah PPP di klik, akan memunculkan menu PPP dengan beberapa Tab Menu. Silahkan anda pilih Tab Interface, setelah itu silahkan anda klik tanda plus yang berwarna merah, maka akan memunculkan beberapa menu dan pilih menu PPTP Server. setelah itu akan memunculkan form new interface. pada form new interface silahkan anda biarkan default tanpa merubah sesuatu apa pun setalah itu langsung tekan Tombol Ok. Maka secara otomatis PPTP Server telah terbuat dan jangan lupa untuk mengklik tombol PPTP Server yang terdapat di bawah Tab Interface untuk enabled PPTP Server.
  5. Selanjutnya silahkan pilih Tab Profiles yang terdapat di menu PPP. Klik tanda plus yang berwarna merah untuk memanbahkan profile baru, maka akan memunculkan form New PPP Profile setelah itu silahkan anda isi. Name boleh di ganti sesuai dengan ke inginan anda atau di biarkan default. Local Address di isi dengan IP gatway yang anda gunakan di jaringan lokal. Remote Address di isi dengan IP Pool yang telah di buat saat membuat DHCP Server atau IP dynmaic. Setelah itu klik tombol Ok
  6. Masih di menu PPP, silahkan pilih Tab Secrets, klik tanda plus yang berwarna merah maka form New PPP Secret akan terbuka. Silahkan isi Name yang berfungsi sebagai user dan Password. Jika sudah terisi silahkan klik tombol OK untuk mengakhiri pembuatan Secrets.
Pembuatan VPN pada Mikrotik sudah selesai. Sekarang kita akan mencoba untuk mengakses dari sisi client dalam hal ini Kantor Jogja sesuai dengan kasus yang sudah saya jelaskan di atas. Kita akan melakukan setingan pada setiap PC agar terkonesi dengan Win Server yang di bali.
  1. Klik kanan pada pada gambar komputer atau sinyal yang terdapat di pojok kanan desktop. Pilih Open Network and Sharing Center. Maka form Open Network and Sharing Center akan terbuka dengan beberapa menu pilihan.
  2. Silahkan anda cari Change Your Network Settings, selanjutnya silahkan klik Menu Set Up a New Connections or Network dan pilih menu Connection to a Workplace tekan Next dan klik Use my internet connection (PVN). selanjutnya silahkan pilih Let me decide Leter  terus tekan tombol Next dan silahkan anda isi Internet Address dengan IP Public selanjutnya tekan tombol Create.
  3. Terakhir silahkan anda isi dengan user dan password yang sudah kita buat pada Tab Secrets, Jika semua langkah anda ikuti dengan benar maka akan lagsung connect dan silahkan anda ping ke IP Win server kalau reply berarti koneksi ke Win Server sudah berhasil. Selanjutnya tinggal aksese lewat RUN dengan mengetik IP Win Server untuk melakukan Map Network Drive

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat VPN Untuk Sharing Data Server"

Post a Comment