Cara Membuat Mailings

Mailings adalah salah satu fasilitas dan kelebihan dari Microsoft Office Word untuk menampilkan data secara programing sehingga memberi kemudahan dalam memanggil dan menampilkan data. Mailings sering digunakan untuk membuat dan kirim surat kepada banyak orang atau lebih dari satu secara masal. Mailing bisa kita gunakan untuk membuat laporan atau report untuk menampilkan data-data tertentu. Dengan syarat, kita harus membuat data di excel untuk di jadikan database. Database adalah kumpulan data yang di record dalam satu wadah atau tempat.


Cara Membuat Mailings untuk menampilkan data


Pertama silahkan anda buka Microsoft Office Excel dan membuat sebuah data seperti gambar di bawah ini :

database excel






Sesuaikan data yang di buat dengan gambar di atas untuk menghindari kesalahan dalam pengambilan data. Jika sudah selesai membuat data, silahkan save dengan nama Mailmarge dan simpan di Document. Tahap pembuatan database telah selesai. Sekarang kita akan melanjutkan ke Microsoft Office Word untuk menampilkan data-data yang telah kita buat pada Microsoft Office Excel.

Tahap kedua, silahkan buka Microsoft Office Word. Jika Microsoft Office Word sudah terbuka silahkan pilih Blank Document atau jika menggunakan Microsoft Office 2007 akan langsung membuka Blank Document tanpa harus memilih atau klik seperti di Microsoft Office 2010 sampai Microsoft Office yang terbaru.

Blank Document

Selanjutnya silahkan pilih Menu Mailings pada Menu Bar Microsoft Office dan di bawah Menu Mailings terdapat beberapa Sub Menu, silahkan pilih Select Recipients maka akan memunculkan 3 pilihan dan pilih Use an Existing List. Lihat gambar di bawah ini :

Menu Mailings








Setelah memilih Use an Existing List maka secara otomatis akan memunculkan pop up menu Select Data Source. Pada menu Select Data Source, silahkan cari file excel yang telah kita simpan di Document dengan nama Mailmarge. Pilih terus tekan tombol Open.
Select Data Source















Menandatakan Microsoft Office Word telah terhubung dengan database Excel yang telah di buat. Selanjutnya tinggal menampilkan data di document word. Untuk menampilkan data, silahkan pilih menu Insert Merge Field dan pilih field yang mau di tampilkan seperti No, Nama, Alamat, Website jika semua field telah di pilih maka tinggal pilih menu Preview Results untuk melihat data sesuai dengan field yang telah di pilih. Untuk memperjelas tentang hasil akhir dari Cara Membuat Mailings

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Membuat Mailings"

  1. Kalau mailing dilabel atau stiker undangan pernikahan bisa nggak mbak? Aku pakai cara manual terus soale :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, silahkan perhatikan pada gambar menu mailings pada gambar tersebut terlihat Tab Mailings terus pilih sub menu Insert Merge Fields untuk menambahkan data secara otomatis pada stiker udangan.

      Delete