Cara Dial Internet Dedicated Di Mikrotik - tipdantrik

Cara Dial Internet Dedicated Di Mikrotik

Internet Dedicated adalah layanan Internet 24 jam non stop dengan menggunakan fiber optic atau microwave. Dengan komposisi bandwidth simetris, memungkinkan pelanggan mendapatkan garansi kecepatan internet upload dan download yang terukur secara bersamaan tanpa terbagi dengan customer lain.
Cara Dial Internet Dedicated Di Mikrotik  Dari pengertian tentang Internet Dedicated kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Internet Dedicated merupakan Internet yang memberikan kita jalur khusus untuk mendapatkan internet tanpa harus terbagi dengan orang lain. Dengan menggunakan Internet Dedicated kita akan mendapatkan Internet secara Maksimal sesuai dengan paket atau quota yang kita beli tanpa harus khawatir akan kestabilan internet. 

Inilah salah satu kelebihan menggunakan Internet Dedicated. Sangat power full dalam segala hal, mulai dari pelayanan, technical support, penangan masalah dan masih banyak lagi. Dari pengalaman saya yang pernah merasakan layanan Internet Dedicated sangat luar biasa. Karena bandwith yang kita dapat selalu stabil baik koneksi internasional maupun koneksi nasional atau lokal. Perbadingan ketika kita download dan upload sangat-sangat real atau nyata dengan perbandingan satu banding satu. 

Biasanya untuk menggunakan layanan Internet Dedicated membutuhkan biaya yang lumayan besar sehingga banyak orang yang tidak berani menggunakan Internet Dedicated karena faktor biaya. Biasanya yang paling banyak menggunakan Internet Dedicated adalah perusahaan dan perhotelan. Dari beberapa faktor yang sudah saya sebutkan, membuat banyak Teknisi atau IT tidak bisa atau kebingungan ketika mendapatkan masalah tentang Internet Dedicated. Kendala terbesarnya adalah tidak pernah mendial Internet Dedicated atau mengkoneksikan Internet Dedicated. Untuk itu saya ingin berbagi step demi step Cara Dial Internet Dedicated Di Mikrotik. Semoga bisa memberikan manfaat dan pengetahuan tentang Cara Dial Internet Dedicated Di Mikrotik.

Hal pertama yang di lakukan adalah mempersiapkan peralatan terutama Mikrotik Server sebagai tempat untuk melakukan Dial Internet Dedicated. Tancapkan kabel UTP dari ISP ke Ether satu Mikrotik. Jika sudah terhubung antara ISP dan Mikrotik silahkan login ke Mikrotik menggunakan Winbox. Setelah terbuka silahkan anda ikuti Langkah-langkah Cara Dial Internet Dedicated Di Mikrotik di bawah ini :
  1. IP Address
    Di mikrotik silahkan anda pilih menu IP->Addresses, pada form addresses silahkan anda klik tanda plus berwarna merah untuk menambakan IP Public yang telah di dapat dari ISP. Maka form penambahan Addresses akan mucul. Contohnya Address:203.168.354.234/29 dengan Interface:ether1. untuk bagian Network akan terisi secara otomatis ketika anda mengklik tombol OK.
  2. DNS
    Klik menu IP->DNS, maka form DNS Setting akan mucul dan silahkan anda tambahkan dengan DNS yang telah anda dapat dari ISP. Contoh: Server:8.8.8.8. Untuk menambahkan DNS kedua silahkan anda klik tanda panah bawah yang berwarna hitam dan isikan dengan DNS yang kedua.
  3. Firewall NAT
    Klik menu IP->Firewall, pada form Firewall silahkan pilih Tab NAT dan klik tanda plus yang berwarna merah untuk menambahkan NAT baru. Setelah itu form NAT Rule akan terbuka. Pada Tab General silahkan anda isi Chain dengan srcnat. Selanjutnya pilih Tab Action dan isikan Action dengan Masquerade. Tekan tombol OK untuk menyimpan semua perubahan dan menandakan NAT baru telah terbuat.
  4. Routes
    Langkah terakhir, klik menu IP->Routes dan akan memunculkan form Route List, setelah itu klik tanda plus berwarna merah untuk menambah Route List yang baru. Pada form Route yang muncul silahkan anda isi Gateway seperti ini Gateway:203.168.354.231 setelah itu tekan tombol OK untuk mengakhiri dan menyimpan Route List baru.
Jika langkah-langkah di atas sudah di ikuti dengan benar, lakukan percobaan untuk mengetahuai apakah internet sudah aktif di server mikrotik dengan cara klik menu Teriminal pada mikrotik setelah form terminal terbukan ketikkan ping www.google.com. Jika reply menandakan internet sudah aktif di mikrotik server tapi jika internet belum aktif setelah di lakukan percobaan maka akan memunculkan warning kesalah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Dial Internet Dedicated Di Mikrotik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel