Beberapa Istilah Dalam SEO Blog - tipdantrik

Beberapa Istilah Dalam SEO Blog

SEO ( Search Engine Optimization ) merupakan sebuah tindakan dan upaya sistematis untuk meningkatkan grafik pengunjung dengan menggunakan perantara search engine seperti google. Penggunaan SEO dalam sebuah blog sangat berperan penting karena dengan penggunaan SEO yang bagus akan membuat blog cepat terindex oleh mesin pencari dan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadapa blog. Kenapa posisi blog di mesin pencari sangat bermanfaat ? karena rata-rata pengunjung jarang akan melakukan next page pada mesin pecarian. Kebiasaan seperti ini sangat menguntungkan bagi blog yang mempunyai reputasi tinggi dan selalu berada dalam jajaran 10 besar di search engine.

Beberapa Istilah Dalam SEO Blog

Ada beberapa istilah yang perlu kita tahu sebelum melakukan SEO Blog. Dengan mengetahui pengertian dari sebuah istilah akan membuat kita lebih mengerti sehingga mempermudah dalam menggunakan dan menempatkan.
  1. Optimasi SEO On-Page
    Optimasi SEO On-Page adalah sebuah optimasi SEO yang berkisar sekitar tindakan-tindakan yang terjadi disaat penulisan artikel dilakukan, atau lebih condong kearah konten yang disajikan ketika pengunjung mengunjungi sebuah halaman (on page).

  2. Optimasi SEO Off-Page
    Optimasi SEO Off-Page adalah sebuah optimasi SEO yang dilakukan diluar halaman/konten sebuah blog. Optimasi SEO Off-Page lebih mengarah kepada 'popularitas', 'backlink', dan 'kepercayaan' pengunjung pada sebuah situs.

  3. Meta Discription
    Meta Tag Description adalah salah satu sub meta tag digunakan untuk menampilkan deskripsi atau ringkasan website yang muncul ketika pengunjung melihat artikel blog anda muncul di halaman pencarian. Biasanya, meta description terdiri dari 150 kata.

  4. Permalink
    Permalink adalah struktur link yang diterapkan pada sebuah situs. Namun di blogger sendiri, format permalink yang tersedia hanyalah domain.blogspot.com/year/month/article-link.html . Namun, sebelum anda mempublish artikel anda, ada baiknya anda melakukan sedikit optimasi pada link artikel blog anda.

  5. Keyword Density
    Keyword density adalah pengulangan kata-kata yang berada didalam artikel yang kita tulis. Sebagai contoh, jika anda menuliskan kata kata/kalimat "Cara melakukan SEO" secara berulang ulang selama berkali kali, anda patut waspada, karena search engine tidak menyukai penggunaan teknik penulisan kata kata yang terulang ulang seperti itu.

  6. SEO Internal Link
    Internal Link adalah sebuah istilah untuk menyebutkan link link yang tersemat antara satu artikel dengan artikel lainnya untuk memancing pengunjung untuk mengunjungi link tersebut untuk mendapatkan lebih banyak pageview.

  7. Keyword LSI ( Lantent Symantic Indexing )
    LSI (Latent Semantic Indexing) adalah sekumpulan keyword yang terpajang dibawah halaman pencarian ketika anda mencari sesuatu. Misalkan anda menuliskan keyword "Cara Optimasi SEO", anda akan menemui kata kata seperti "cara optimasi seo blogspot, cara optimasi seo wordpress, cara optimasi seo toko online, cara optimasi seo onpage, cara optimasi seo blog, cara optimasi seo website, optimasi seo on page, optimasi seo onpage" dibawah halaman pencarian, inilah yang disebut dengan LSI (Latent Semantic Indexing)

  8. Backlink
    Backlink adalah sebutan untuk sebuah link blog anda yang tersemat di blog orang lain yang dapat menjadi 'pintu belakang' menuju blog anda. Tersemat yang dimaksudkan disini adalah suatu kondisi dimana link blog/artikel anda tertanamkan di blog lain dan menjadi link yang mengarah langsung menuju blog anda.
Dari pengeritan istilah-istilah di atas sudah cukup memberikan kita bayangan tentang fungsi dan kegunaan dari sebuah SEO. Blogger baru seperti saya, biasanya asal ikut-ikutan tentang beberapa cara membuat blog menjadi SEO Friendly tanpa pernah tahu pengertian, fungsi dan kegunaan.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel