Cara Merawat Rambut Dan Memilih Produk Sesuai Jenis Rambut

Agar rambut sehat dan bersih, pilih dan gunakan sampo, conditioner, dan hair tonic yang tepat dan benar. Maksud tepat dan benar adalah sesuai dengan kondisi rambut setiap individu yang berbeda-beda. Jangan pernah memilih produk karena pengaruh iklan atau pun ikut-ikutan orang lain.

Rambut yang sehat punya ciri-ciri seperti berikut ini :
  • Punya siklus tumbuh cukup panjang
  • Kelembapan yang cukup bagus
  • Terlihat berkilau
  • Mudah diatur
Pertumbuhan rambut mempunyai beberapa fase yaitu :
Fase pertumbuhan (Anagen)
Fase ini berlangsung 2-6 tahun, akar rambut tumbuh dan menghasilkan rambut melalui pori-pori bernama folikel rambut. Di tahap ini dalam satu lubang pori ditemukan 3 helai rambut.

Fase peralihan (Katagen)
Pada fase ini, tidak terjadi pertumbuhan

Fase istirahat (Telogen)
Fase ini akan berlangsung 3 bulan. Akar rambut mengalami degenerasi. Saat tidur atau keramas rambut akan rontok saat normal rambut, rambut rontok kira-kira 100-150 helai dalam sehari.

Jenis produk perawatan rambut
Penyebab dari keruasakan rambut bisa dikurangi dengan mengetahui produk perawatan yang tepat dan benar. 

Shampoo/Sampo
Digunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran-kotoran. Sekarang ini sampo tidak hanya membersihkan tapi juga memperindah rambut, memberi cahaya pada rambut, rambut bisa tipis bisa lebih mengembang. Rambut yang keriting bisa sedikit lebih lurus.
Saat ini sampo yang ditawarkan mengandung gingseng, lavender, lidah buaya, merang, stroberi, chamomile dan sampo jenis 2 in 1 yang mengandung conditioner. Sampo ini lebih banyak dipakai untuk rambut tipis, tapi kering. Sedangkan untuk rambut yang berminyak lebih bagus menggunakan sampo yang terpisah dengan conditioner. Apa pun jenis sampo yang dipilih, yang terbaik yang memiliki kesamaan (Ph) 3,5-4,5.

Hair Conditioner
Fungsinya untuk membuat rambut mudah ditata dan terlihat berkilau. Penggunaannya pada batang dan ujung rambut, bukan di kulit kepala. Pemakaian di kulit kepala harus dibilas sampai bersih supaya rambut tidak berketombe.

Jenis Hair Conditioner
Rinse Off Conditioner dipakai setelah rambut dicuci dengan sampo dan dibilas sampai bersih. Penggunaannya langsung pada rambut tanpa dibasahi terlebih dahulu. Fungsinya sebagai pelembap dan membuat rambut jadi berkilau.

Hair Tonic
Berfungsi untuk menyuburkan, menyehatkan kulit kepala, dan mencegah timbulnya ketombe. Di dalam kandungan hair tonic terdapat bahan-bahan yang diperlukan oleh kulit kepala, merangsang pertumbuhan rambut, zat conditioner untuk memperbaiki kondisi rambut. Juga bahan vasolidator untuk memperlancar aliran darah. Pemakaiannya jangan berlebihan. Kalau terlalu banyak, menyebabkan iritasi di kulit kepala sekaligus merusak akar rambut. Gunakan 2 kali seminggu.

Hair Lotion
Fungsinya sama dengan hair tonic. Bedanya, hair lotion mengandung kadar air dan zat makanan yang lebih tinggi untuk batang rambut. Untuk rambut kering  sangat cocok menggunakan hair lotion. Sementara untuk rambut yang berminyak lebih bagus menggunakan hair tonic.

Krim Rambut
Biasanya digunakan untuk creambath. Krim rambut mengandung nutrisi untuk rambut yang kandungannya ada asam amino, vit B komplek, biotion, kalsium D-pantonetat, kolagen, elastin, dan gelatin. Cara menggunakannya, oleskan krim di seluruh rambut. Lantjutkan dengan pemijatan 20 menit untuk memperlancar peredaran darah di kepala. Tutup kepala dengan handuk hangat selama 10 menit setelah itu cuci sampai bersih.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Merawat Rambut Dan Memilih Produk Sesuai Jenis Rambut"

  1. terimakasih atas informasinya jangan lupa kunjung kami
    di http://blackwaletcare.com/sabun-untuk-biang-keringat-bayi/

    ReplyDelete