Sejarah Letusan Gunung Rinjani Dan Segara Anak

Segara anak adalah kawah raksasa yang berada di puncak gunung rinjani lombok dan merupakan salah satu keindahan dari gunung rinjani yang wajib anda kunjungi. Gunung rinjani menjadi salah satu wisata favorit yang di miliki oleh pulau lombok dengan segala posana keindahan dari mulai mendaki sampai di puncak, anda akan di buat terkagum-kagum oleh keindahan alam yang begitu indah dan mempesona. Tidak heran, kalau setiap tahun gunung rinjani selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan baik mancanegara dan lokal.
Salah satu letusan terdahsat di indonesia adalah letusan gunung rinjani pada tahun 1257, pusat letusan berada pada gunung samalas yang merupakan bagian dari komplek gunung rinjani. Letusan ini di sebut sebagai letusan terbesar di bumi dalam 7000 tahun terakhir karena berdampak global hingga eropa (kematian massal) dan menyebabkan kerusakan lingkungan di lombok, bali dan sumbawa  barat. Letusan ini merupakan cikal bakal terbentuknya kawah raksasa segara anak.

jadi, segara anak terbentuk oleh letusan gunung samalas yang merupakan bagian dari gunung rinjani. Selanjutnya pada tahun 1944 rinjani kembali begejolak meski sebenarnya aktivitas sudah mulai terasa pada akhir tahun sebelumnya, aktivitas gunung seperti suara gemuruh, munculnya asap tebal hingga gempa sudah mulai di rasakan pada akhir tahun 1943.

Aktivitas rinjani kembali terasa pada juni tahun 1994, suara gemuruh dan ledakan yang sangat kuat terdengar dari dalam kaldera rinjani, asap hitam tebal setinggi 400 meter, hujan abu setebal 3mm dan tercatat menewaskan 20 orang. Aktivitas letusan rinjani terus berlangsung hingga awal bulan januari 1995.

Pada tahun 2009 gunung rinjani kembali meletus hingga menciptakan kawah baru di sisi timur. Letusan di tandai suara dentuman lemah dan asap cokelat pekat mencapai satu kilometer, muntahan lava mengalir dari titik letusan di gunung barujari ke dalam danau segara anak dan menutupi area seluas 50.000 meter persegi. Gunung rinjani dan danau segarak anak akan selalu menjadi petualangan menarik untuk di jelajahi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Letusan Gunung Rinjani Dan Segara Anak"

Post a Comment