Bagaimana Cara Membuat Menu Bar Di Microsoft Access

Ms. Access memberikan fasilitas untuk membuat menu bar sendiri sesuai dengan kebutuhan sehingga mempermudah dalam menggunakan aplikasi yang akan di buat dan menu bar ini akan tampil ketika fasilitas switchboard dijalankan.

Tujuan yang utama dari pembuatan menu bar adalah sebagai salah satu fasilitas untuk menemani switchboard manager sehingga sesuai dengan perencanaan dan tujuan pembuatan program menggunakan microsoft access. 

Belajar microsoft access atau yang biasa disebut Ms. Access bisa dibilang susah-susah gampang karena membutuhkan logika dan penalaran yang bagus, sehingga menghasilkan sebuah database yang sesuai dengan harapan. 

Berikut langkah-langkah membuat menu bar di microsoft access 2010 :
  1. Bukalah microsoft access
  2. Selanjutnya klik menu File dan tepat dibawah menu Help terdapat menu Options. Klik menu options untuk menampilkan form Access Options
  3. Klik menu Customize Ribbon dan perhatikan sub menu di bagian kanan
  4. Untuk membuat menu bar baru silahkan anda klilk New Tab seperti gambar no.3, secara otomatis akan membuat menu baru pada Main Tabs dengan nama New Tab (custom) dengan sub menu New Group (custom). Untuk merubah nama New Tab dan sub menu New Group tinggal anda klik kanan dan pilih rename, untuk merubah sesuai dengan nama yang anda inginkan.
  5. Klik tombol Ok untuk menyimpan perubahan

Sekarang untuk cara menampilkan menu bar yang telah di buat lakukan hal berikut ini :
  1. File|Options|Customize Ribbon, silahkan anda lepas semua centang menu yang ada Main Tabs terkecuali menu New Tab yang telah anda buat biarkan tercentang dan untuk mengisi menu New Group tinggal anda Add menu yang mau di Add atau masukkan ke menu New Group.
  2. Masih di area Access Options, klik menu Current Database, pada bagian Display Form silahkan anda select Switchboard Manager yang telah anda buat.
  3. Pada bagian Ribbon and Toolbar Options, silahkan anda lepas tanda centang Allow Full Menu

Jika langkah-langkah di atas sudah anda ikuti dengan benar sesuai dengan apa yang telah di paparkan diatas maka hasil akhir dari cara membuat dan menampilkan menu bar di Ms. Access akan seperti gambar di bawah ini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Menu Bar Di Microsoft Access"

Post a Comment